Acara Pertemuan IMT-GT ke 5 Selesai, Bobby Nasution Berharap Berkah Bagi Kota Medan - Metroxpose

Headline

WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Saturday, November 5, 2022

Acara Pertemuan IMT-GT ke 5 Selesai, Bobby Nasution Berharap Berkah Bagi Kota Medan



Metroxpose.com, medan | Pertemuan internasional The Fifth Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT GT) Green Cities Mayor Council (GCMC) Meeting Tahun 2022 di Kota Medan telah berakhir. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 31 Oktobe 1 November 2022 ini pun berlangsung Sukses.

Kesuksesan Pertemuan IMT-GT GCMC tahun 2022 ini tidak terlepas dari Pemko Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Kesuksesan pertemuan ini juga terlihat dari beberapa Wali Kota dari Negara Malaysia dan Thailand yang hadir langsung pada pertemuan tersebut, diantaranya Wali Kota Hat Yai Thailand Pol Lt Gen Sakom Thongmunee sekaligus Ketua 5th IMT GT GCMC Mayor Meeting 2022, Wakil Wali Kota Hat Yai Thailand Mr Witchai Kanchanasiwon, Wali Kota Yala Thailand Mr Pongsak Yingchoncharoen, Wali Kota Thungsong Thailand Mr Songchai Wongwatcharadamrong, Wali Kota Songkhla Thailand Mr Visit Prayoonsawadate, dan Wali Kota Ipoh Malaysia Dato Rumaizi bin Baharin.

Pertemuan internasional IMT GT ini merupakan forum Kerjasama lintas negara di wilayah ASEAN yang sudah terjalin sejak tahun 1993. Bertema 'Green Cities Mayor Council' (GCMC), dalam forum ini dibahas pembangunan kota berkelanjutan guna mempercepat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi serta membangun kebersamaan untuk meningkatkan hubungan antar kawasan.

Berbagai rangkaian kegiatan dilakukan baik Jelang sampai Pembukaan dan berakhirnya pertemuan ke -5 IMT-GT GCMC 2022. Senin (31/10) pagi, guna meningkatkan kebersamaan seluruh delegasi termasuk Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman mengikuti sepada santai. Mengambil start di halaman depan Balai Kota Medan para delegasi bersepeda mengelilingi kota Medan hingga finish di Taman Gajah Mada, Jalan Gajah Mada Medan.

Setelah bersepeda santai rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon yang dilakukan seluruh Delegasi IMT-GT GCMC. Penanaman Pohon yang dilakukan Bobby Nasution bersama para Wali Kota di Taman Gajah Mada sebagai simbolis mendukung terwujudnya kota hijau (Green Cities). Usai melakukan penanaman pohon, Bobby Nasution mengajak para delegasi mengunjungi sejumlah stand yang memajang sejumlah produk berbahan sampah yakni Eco Enzyme Nusantara, Bank Sampah serta Rumah Briket.

Masih dihari yang sama, siang harinya para Delegasi melakukan city tour ke sejumlah bangunan bersejarah di Kota Medan.City tour ini merupakan rangkaian kegiatan yang digelar untuk menyambut pembukaan Pertemuan ke-5 IMT GT GCMC yang akan berlangsung di Hotel Adi Mulia Jalan Diponegoro Medan, Selasa (1/11). Ada pun lokasi heritage yang dikunjungi yakni Masjid Raya Al-Mashun Jalan Sisingamangaraja, Tjong A Fie Mansion Jalan Ahmad Yani dan Kantor Pos yang kini menjadi Pos Bloc Medan.

Di malam harinya, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengundang para peserta IMT-GT GCMC dalam acara Gelar Melayu Serumpun (GEMES) 2022. GEMES merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Pemko Medan sebagai upaya melestarikan keberagaman seni budaya Melayu dengan mendatangkan 4 negara tetangga serumpun seperti Malaysia, Thailand, Singapura dan Brunei Darussalam.

Selanjutnya, Selasa (1/11) pertemuan internasional ini memasuki hari kedua. Hari ini merupakan hari yang ditunggu para delegasi karena merupakan Rapat pertemuan ke -5 IMT-GT GCMC. Rapat pertemuan ini berlangsung di Hotel Adimulia Jalan Diponegoro Medan.

Dalam Rapat ini dibahas inisatif hijau dan pilot project. Dimana inisiatif hijau (Green Growth) yaitu pertumbuhan ekonomi yang kuat, namun juga ramah lingkungan serta inklusif secara sosial. Pentingnya pertumbuhan ekonomi hijau muncul dari keprihatinan tentang konsekuensi sosial, lingkungan dan ekonomi yang tidak diinginkan akibat pertumbuhan penduduk yang cepat, pertumbuhan ekonomi dan konsumsi sumber daya alam.

Bobby Nasution berharap IMT GT GCMC Meeting ini sebagai forum kerja sama regional harus adaptif terhadap guncangan dan tekanan atau shock dan stres perkotaan. Pertemuan ini tentunya akan menjadi wadah untuk saling bertukar pikiran dan meningkatkan kolaborasi guna meningkatkan resiliensi kota.

Kemudian di malam harinya, agenda dilanjutkan dengan Gala Dinner di Medan Club. Gala dinner ini digelar sebagai penutup rangkaian kegiatan Pertemuan Ke-5 IMT GT GCMC Meeting 2022. Suasana kekeluargaan dan hangat begitu terasa saat Gala Dinner tersebut. Para Wali Kota dan Delegasi yang hadir tak sungkan berbaur dan saling berbagi cerita diantara mereka sambil menikmati sajian makanan yang disediakan.

Dengan berlangsung lancar dan suksesnya pertemuan internasional IMT-GT GCMC di Kota Medan selama dua hari ini , Bobby Nasution sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Medan serta para delegasi yang telah hadir di Kota Medan.

"Kesuksesan pertemuan internasional ini membuktikan bahwa Kota Medan merupakan Kota yang nyaman, aman dan berkah serta Kota yang maju dan modern. Semoga pertemuan ini membawa keberkahan untuk masyarakat dan kota Medan," Ujar Bobby Nasution baru- baru ini.
Sebelumnya saat agenda city tour, Wakil Wali Kota Hatyai Mr Witchai

 Kanchanasuwon mewakili para Delegasi mengaku, dirinya dan beserta seluruh peserta IMT GT sangat kagum dengan Kota Medan khususnya tiga bangunan bersejarah yang telah dikunjungi dalam city tour yakni Masjid Raya Al-Mashun, Tjong A Fie Mansion dan Kantor Pos yang kini menjadi Pos Bloc Medan.

"Kami sangat kagum dengan ketiga bangunan bersejarah yang telah dikunjungi. Masyarakat Medan harus mengetahui dan bersyukur karena memiliki kota yang bagus dan indah seperti ini," Jelasnya.




Reporter : Syaipul Siregar