Pemkab Nias Gelar Rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial - Metroxpose News and Campaign

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Wednesday, October 16, 2019

Pemkab Nias Gelar Rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial



MetroXpose.Com, Nias - Dalam rangka meningkatkan efektivitas penanganan gangguan keamanan negeri dalam bentuk konflik sosial, khususnya di wilayah Kabupaten Nias, maka pemeliharaan keamanan tidak hanya menjadi tugas dan tanggungjawab pihak Kepolisian dan TNI, tetapi menjadi tanggungjawab bersama seluruh aparatur pemerintah dan elemen masyarakat.



Hal tersebut disampaikan Arosokhi Waruwu, SH., MH Wakil Bupati Nias saat memimpin rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Daerah Kabupaten Nias, bertepatan di Ruang Tengah Pertemuan Pendopo Bupati Nias, Kota Gunungsitoli Selasa, (15'10/2019).


"Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 Tentang penanganan konflik sosial, pemerintah daerah diharapkan untuk terus membentuk tim terpadu penanganan konflik sosial, sebagai upaya antisipasi dari segala kemungkinan terjadinya konflik sosial masyarakat", papar Arosokhi.

Diharapkannya, tim yerpadu memiliki kemampuan deteksi dini, tanggap dan sigap dalam merespon setiap dinamika yang terjadi dimasyarakat sehingga segera teratasi dengan baik.


Ditekankannya bahwa dalam upaya pencegahan ada empat langkah yaitu : bersama semua elemen masyarakat tokoh agama, tokoh adat dan pemuda turut memelihara kondisi damai dalam masyarakat, membangun sistim peringatan dini dengan memelihara hubungan baik, mengitensifkan komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan dan elemen masyarakat lainnya, meredam potensi konflik dengan senantiasa tanggap dalam menghadapi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi dan sigap dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul sekecil apapun sampai tuntas dan terakhir mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai dengan memberdayakan forum-forum yang sudah ada sesuai dengan kearifan lokal, tandasnya.

Hadir pada acara tersebut AKBP Deni Kurniawan, S. Ik., MH Kapolres Nias, Letkol Inf. TP. Lobuan Simbolon DanDim 0213/Nias, Futin Helena Laoli, SH., MH Kajari Gunungsitoli, Kompol Hendra G Simatupang, SH Kabag Ops Polres Nias, Elizaro Waruwu, SE Kepala BPBD Kabupaten Nias, AKP Saksi Tarigan Kasat Intelkam Polres Nias, Kapten Inf. Parluhutan Sihombing Pasi Intel Kodim 0213/Nias, Arianto Gulo, SH Ketua FKDM Kabupaten Nias, Drs. Toroziduhu Telaumbanua Ketua FPK Kabupaten Nias, Atobali Laoli, S. Pd Kadis Sosial Kabupaten Nias dan sejumlah hadirin lainnya.

Reporter : Tonazaro Harefa
Editor : Lamtoro