Pj.Walikota Baubau Minta Penurunan Stunting Dan Ketahanan Keluarga Harus Berkelanjutan - Metroxpose News and Campaign

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Wednesday, November 22, 2023

Pj.Walikota Baubau Minta Penurunan Stunting Dan Ketahanan Keluarga Harus Berkelanjutan


MetroXpose.com Baubau | Pelaksana Jabatan (PJ) Wali Kota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi meminta isu stunting dan ketahanan keluarga menjadi perhatian pengurus TP PKK Kota Baubau. Sebab menjadi bagian dari delapan fokus penting Presiden RI.

Dalam konteks percepatan penurunan stunting, target utamanya adalah keluarga. Dimana perempuan menjadi penggerak dan motor solusi karena perannya yang sentral dalam keluarga, sebagai mitra para suami.

"Percepatan penurunan stunting harus menyeluruh dan berkelanjutan. Perhatian pemerintah kepada peningkatan kualitas hidup dan kompetensi perempuan dan anak harus dilakukan dari hulu ke hilir," katanya usai melantik pengurus TP PKK Kota Baubau masa bakti 2023-2025 di Baubau, Rabu (22/11/2023).

Dikatakan, jika betul-betul ingin menurunkan angka stunting maka perempuan harus cerdas sehingga la mampu mengambil keputusan yang berdampak kepada kualitas hidup dirinya dan keluarganya.

"Perempuan harus menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri yang akhirnya akan memberikan perubahan signifikan bagi diri dan keluarga serta orang disekitarnya. Karena itu, semangat inilah yang menjadi titik temu antara PKK dan pemerintah," ujarnya.

Menurut Muh Rasman, selain stunting, beberapa isu ketahanan keluarga di Kota Baubau masih harus benar-benar mendapat perhatian. Seperti tingginya angka anak berhadapan dengan hukum (ABH), angka kekerasan terhadap perempuan dan anak yang meningkat, masih adanya perkawinan anak, permintaan dispensasi kawin dan angka perceraian yang tinggi.

“Berbagai persoalan tersebut menjelaskan betapa isu ketahanan keluarga adalah isu yang luarbiasa penting yang harus segera dicari solusinya. Bekerja Bersama dengan para pihak adalah solusi yang sangat mungkin karena berbagai persoalan ketahanan keluarga hanya dapat diselesaikan dengan kerja kolaborasi,” ungkapnya.

Dr Muh Rasman berharap seluruh Pengurus TP PKK yang baru saja dilantik bekerja dengan penuh tanggung jawab, kreatif, memiliki inisiatif untuk ikut serta dalam mengatasi berbagai persoalan daerah.

"Kemudian segera melakukan penguatan internal, membangun komunikasi yang efektif dengan berbagai OPD dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga. Sehingga PKK bukan hanya simbol organisasi semata namun, benar-benar bekerja dan berkontribusi nyata sesuai dengan peran dan kewenangannya," imbuhnya.

Selain itu, PKK juga mampu menjangkau yang mungkin tak terjangkau oleh pemerintah, menjadi jembatan bagi masyarakat dan pemerintah serta mitra pemerintah yang mampu Bekerja Bersama demi kualitas keluarga dan generasi yang lebih sehat, sejahtera, tangguh dan berakhlak mulia.

“Terima kasih kepada para seluruh yang hadir, selamat bekerja bagi Pengurus TP PKK Kota Baubau Sisa Masa Bakti 2023- 2025. Teruslah bergerak, bekerja bersama dan saling menghormati dan menghargai dengan mitranya, para suami di rumah,” pungkasnya.




Reporter : N/MX