Kemenhan Beri Pembekalan ke Peserta Bela Negara dii Berastagi Cottagee - Metroxpose

Headline

WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Thursday, November 10, 2022

Kemenhan Beri Pembekalan ke Peserta Bela Negara dii Berastagi Cottagee



Metroxpose.com, Medan
Sebanyak 100 orang peserta mengikuti Pendidikan Bela Negara yang digelar Pemko Medan melalui Kesbangpol Kota Medan di Hotel Brastagi Cottage, Kabupaten Karo. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari dari tanggal 8 sampai 11 November ini diisi dengan berbagai kegiatan termasuk pembekalan yang disampaikan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Pembekalan diberikan di hari pertama dan hari kedua pendidikan Bela Negara. Dari Kementerian Pertahanan hadir sebagai narasumber yang memberikan pembekalan, Kolonel Elisa Octavianus Parsaoran Sibarani.
Peserta yang berasal dari anggota Pramuka, Purna Paskibraka kota Medan, Resimen Mahasiswa, Unsur Partai Politik Kota Medan, Karang Taruna, BKPRMI, Dinas Sosial, BPBD Kota Medan, Dinas P2K dan Satpol PP Kota Medan ini mengikuti pembekalan tersebut dengan tekun dan serius.

Peserta yang mengikuti pendidikan Bela Negara ini diharapkan dapat tumbuh berkembangnya karakter cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Dalam pemaparannya Kolonel Elisa Octavianus Parsaoran Sibarani menyampaikan bahwa Pentingnya Bela Negara di era Globalisasi demi Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Menurutnya Bela Negara memang tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Kementerian Pertahanan saja, akan tetapi juga menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh Kementerian/ Lembaga termasuk Pemerintah Daerah.

"Semangat bela negara ini diperlukan bangsa Indonesia guna menghadapi derasnya fenomena dan persaingan mempertahankan eksistensi bangsa dalam era globalisasi yang syarat dengan persaingan ekonomi dan ketergantungan satu dengan yang lain," jelasnya.

Selain dari Kementerian Pertahanan RI, turut menjadi narasumber dalam pendidikan Bela Negara ini Kodim 0205 Kabupaten Karo , Batalyon Infantri 125 Simbisa , Polrestabes Medan dan Kepala Bidang Badan Kesbangpol Kota Medan.

Sebelumnya, Pendidikan Bela Negara ini dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kepala Kesbangpol Kota Medan Arjuna Sembiring. Dalam sambutannya Arjuna Sembiring mengatakan di era globalisasi sekarang ini semakin banyak ancaman dan gangguan terhadap keutuhan negara seperti kejahatan teroris nasional dan internasional, kekerasan berbau sara, pelanggaran wilayah, separatisme, narkoba, hoax dan lainya. Karena itu untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dari segala ancaman perlu kiranya masyarakat khususnya generasi muda untuk memiliki pengetahuan tentang bela negara.

"Pendidikan bela negara ini lebih diorentasikan untuk memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme. Melalui pendidikan bela negara ini diharapkan akan muncul prilaku yang teratur, cinta terhadap tanah air, serta keyakinan akan Pancasila sebagai ideologi negara guna menghadapi ancaman baik yang berasal dari luar maupun dalam negeri."kata Arjuna Sembiring.


Reporter : Syaipul Siregar