Mantan Ephorus HKBP Pdt. SAE Nababan Berpulang - Metroxpose News and Campaign

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Saturday, May 8, 2021

Mantan Ephorus HKBP Pdt. SAE Nababan Berpulang


Mantan Ephorus HKBP Pdt. SAE Nababan Berpulang

MetroXpose.com Jakarta - Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) berduka, seorang Tokoh Gerejawi Telah berpulang Pdt. Dr. SAE Nababan, LID pada hari ini, Sabtu, (8/05/ 2021), pukul 16.18 di Rumah Sakit  Medistra Jakarta.


Informasi yang dihimpun Kabar Duka cita ini ramai dishare di grup WA dan fanpage pribadi Almarhum. 
Belum ada keterangan resmi dari keluarga dimana disemayamkan serta kapan dikebumikan. 

Tutup Usia 88 tahun, almarhum yang lebih dikenal dengan SAE Nababan, semasa hidupnya pernah menjabat Ephorus HKBP.

Berikut catatan ringkas perjalanan karirNya

Dr. Soritua A.E. Nababan, LlD adalah seorang pendeta dan tokoh gereja di Indonesia. Nababan dilahirkan pada 1933. Ia menempuh pendidikannya di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta dan lulus pada 1956 dengan gelar Sarjana Theologia. Ia mendapat beasiswa dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Heidelberg dan lulus dengan gelar Doktor Theologia pada 1963.

Pada 1987-1998 ia menjabat sebagai Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), sebuah gereja beraliran Lutheran di Indonesia. 

Pada masa kepemimpinannya terjadi dualisme kepemimpinan di tubuh HKBP (1992-1998). Namun seiring berjalannya waktu HKBP bisa Eksis kembali sebagai  HKBP dibawah satu kepemimpinan hingga sekarang. 

 Jabatan-jabatan lain yang pernah dipegangnya Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia pada 1967-1984 dan kemudian Ketua Umum dari lembaga yang sama pada 1984-1987.

Nababan banyak terlibat dalam organisasi gereja di tingkat dunia. Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Pemuda Dewan Gereja-gereja Asia (1963-1967) dan belakangan Presiden dari lembaga yang sama (1990-1995), Wakil Ketua dari Komite Sentral Dewan Gereja-gereja se-Dunia (1983-1998), Wakil Presiden Federasi Lutheran se-Dunia dan anggota Komite Eksekutif dari lembaga yang sama. Nababan juga menjabat sebagai Ketua pertama dari Vereinte Evangelische Mission (United Evangelical Mission), sebuah lembaga misi internasional yang terdiri atas 34 gereja anggota yang tersebar di Afrika, Asia, dan Jerman. Dalam Sidang Raya ke-9 Dewan Gereja-gereja se-Dunia di Porto Alegre, Brasil pada tahun 2006, Nababan terpilih menjadi salah seorang Presiden dari lembaga persekutuan gereja-gereja sedunia itu yang beranggotakan gereja-gereja Protestan dan Ortodoks.

"Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman." - 2 Timotius 4:7

(TimredaksiMX)