Lakalamba Canangkan Desa Bebas Banjir dan pusat Pertanian Jagung Musrembang RKPD Tahun 2021 - Metroxpose

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Saturday, February 6, 2021

Lakalamba Canangkan Desa Bebas Banjir dan pusat Pertanian Jagung Musrembang RKPD Tahun 2021


Lakalamba Canangkan Desa Bebas Banjir dan pusat Pertanian Jagung Musrembang RKPD Tahun 2021



Metroxpose.com Laworo - Pemerintah Desa Lakalamba, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat, laksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) tahun 2021 bertempat di Gedung Serba Guna, Desa Lakalamba Sabtu (06/02/2021).

Kepala Desa Lakalamba Aras Pou mengatakan, Musrenbang Desa tahun 2021 ini progres untuk tahun 2022. Sementara untuk program tahun 2021 yang belum selesai karena pandemi Covid-19, akan dilanjutkan di tahun depan.

“Kondisi pandemi yang tidak menentu ini mengharuskan kita siap berimprovisasi” terangnya.

Sementara untuk program desa kedepan, mengatakan, tahun 2022, difokuskan untuk Sub Bidang Pembangunan Desa & Sub Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

"Fasilitas itu penting untuk menunjang penguatan kapasitas SDM generasi Lakalamba sehingga kita ingin sekolah dasar dan PAUD bisa direhab menjadi lebih baik. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, kami menginginkan penggunaan teknologi pasca panen jagung kuning untuk menunjang hasil produksi seperti jonder" tuturnya.

Diakuinya, sebagian masyarakat masih memiliki hunian yang kurang layak. Ia pun mendorong program bedah rumah bisa didistribusi ke Desa yang dipimpinnya.

"Kami akan lakukan yang terbaik untuk memastikan setiap masyarakat mendapatkan sentuhan program pemerintah, termasuk bedah rumah bagi yang layak"

"Masi katanya" Bukan cuma itu kata Kepala Desa nyentrik dengan ciri khas kaca mata hitam ini, Pemerintah Desa akan menggenjot Desa Lakalamba menjadi “desa bebas banjir”. Hal ini dilakukannya mengingat Desa ini diapit Kali Tiworo dan Kali Bhoru.

"Setiap musim penghujan sebagian pemukiman di Desa ini tergenang sehingga kami ingin ada normalisasi Kali Bhoru untuk membersihkan endapan lumpur dan sampah yang mengambang sehingga aliran air dari hulu ke hilir tidak lagi terhambat dan meluap memasuki area pemukiman" tuturnya.

Musrenbang Desa tahun ini bertujuan menampung usulan dan aspirasi masyarakat yang akan disampaikan kepada para pemimpin di masing-masing wilayah.

“Tentunya, hasil dari Musrembang Desa ini, nantinya akan dilanjutkan pada kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan. Kami akan pastikan bahwa hingga tingkat kabupaten, usulan masyarakat ini akan kami kawal agar termuat dalam RKPD tahun 2022” tuturnya.

Musrembang Desa Lakalamba tahun ini, turut dihadiri Camat atau yang mewakili, Dinas Sosial atau yang mewakili, Ketua BPD, Kepala Dusun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Klompok Tani Dan warga masyarakat, Desa Lakalamba, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat, tutupnya.(Lao/MX)