Menteri Pertanian : Food Estate Humbahas Percontohan Pertama Untuk Indonesia - Metroxpose News and Campaign

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Saturday, September 12, 2020

Menteri Pertanian : Food Estate Humbahas Percontohan Pertama Untuk Indonesia



MetroXpose.com, Humbahas - Program food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) rencananya akan dimulai Oktober 2020 mendatang. Konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan dan peternakan di suatu kawasan ini akan menggunakan lahan seluas 30.000 hektare.

Baca Juga | Ini hari LIbur dan Cuti Bersama Tahun 2021

Diketahui, Kabupaten Humbahas telah ditetapkan Pemerintah Pusat menjadi salah satu dari dua daerah di Indonesia untuk pengembangan food estate. 

Program triliunan rupiah tersebut diharapkan dapat menumbuhkembangkan sektor pertanian secara merata, serta meningkatkan produksi pertanian secara drastis sehingga mampu menambah kebutuhan dalam negeri dan pasar ekspor.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan jika program itu berhasil, maka daerah lain di Sumatera Utara (Sumut) yang karakteristiknya mirip dengan Humbahas akan ikut dikembangkan. “Kalau ini berhasil, akan dibuat di seluruh Indonesia. Sumatera Utara akan lebih banyak, paling tidak yang sama dengan Humbahas akan bisa langsung diaplikasikan,” kata Mentan Syahrul Yasin Limpo yang didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah saat meninjau lokasi Food Estate Hortikultura, Desa Ria Ria, Pollung, Humbahas, Jumat (11/9).

Food estate tahap pertama, kata Mentan, akan menggunakan lahan 1.000 hektare untuk tanaman kentang, bawang merah dan bawang putih. Sementara total keseluruhan lahan yang akan digunakan sekitar 30.000 hektare. Setiap hektarenya bisa menghasilkan puluhan juta.

“Kita mau buat yang orang Indonesia belum lihat. ini tidak hanya untuk Sumatera Utara, tapi Indonesia. Percontohannya ada disini, food estate itu pertama kali di Indonesia,” kata Mentan.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai food estate. Antara lain, lahan, bibit yang bagus, pupuk yang istimewa, mekanisasi, budidaya, hingga pasca panennya. Menurut Mentan semua hal tersebut harus dipersiapkan.

Disampaikan juga, pertanian merupakan sektor yang tahan banting meski di masa pandemi. Dari sisi ekonomi, pertumbuhan sektor pertanian saat ini tumbuh 22%. Oleh sebab itu, menurutnya food estate akan ikut menggerakkan perekonomian Sumut dan Indonesia.

Mentan mengungkapkan, pada Agustus saja, nilai ekspor hortikultura Indonesia mencapai Rp22 triliun. Bahkan, ekspor dari Januari hingga Agustus totalnya mencapai Rp225 triliun. Menurutnya di saat sektor lain melemah, justru pertanian maju.

“Tandanya pertanian tidak pernah putus. Kita masih banyak komoditi lain. Kedelai kita impor 2 juta ton, kenapa tidak buat sendiri? Bawang hampir 600 ribu ton dan itu hitung-hitungan triliun, kita buat sendiri saja,” ungkap Mentan.

Mengenai manajemen dalam program tersebut, Mentan mengatakan, akan ada dominasi pengaturan antara pemerintah provinsi (pemprov), pemerintah kabupaten (pemkab) dan investor. “Karena tentu kalau mau kualitasnya bagus, intervensi permodalan juga harus bagus termasuk mengunakan mekanisasi. Jadi rakyat diberdayakan di setiap hektare,” ujar Mentan.

Wagub Sumut Musa Rajekshah mengharapkan agar food estate bisa dibuka di daerah lain di Sumut. Menurutnya, baru kali ini ada lahan pertanian yang dikelola secara terbuka untuk kepentingan masyarakat dan negara.

“Kita harus bersyukur karena lahan yang begini luasnya. Lahan yang begini suburnya bisa kita manfaatkan untuk kepentingan masyarakat yang ada di Sumatera Utara, khususnya Humbahas. Mudah-mudahan program ini berhasil. Kami harap Pak Mentan bisa membuka food estate di daerah lain di Sumut,” ujar Wagub.

Wagub mengatakan Pemprov Sumut mendukung program tersebut. Selanjutnya, Pemprov Sumut akan melakukan tugas dan tanggung jawab untuk program tersebut. Apalagi, program ini sejalan dengan misi Pemprov Sumut saat ini yakni prioritas di bidang pertanian. “Kami Pemprov Sumut sangat mendukung. Tugas serta tanggung jawab kami akan kami lakukan di Provinsi Sumut ini,” ujar Wagub.
Wagub juga mengapresiasi Bupati Humbahas yang mencoba mengembangkan bawang putih di daerahnya. “Begitu semangatnya melihat Pak Bupati serius, sampai bawang putih yang katanya di negara ini tak bisa ditanam, ternyata di Humbahas hasilnya luar biasa,” kata Wagub.

Pada kesempatan itu, Mentan dan Wagub juga meninjau lahan yang sudah siap ditanami pada Oktober nanti, serta beberapa alat pertanian yang akan digunakan sepanjang program. Bahkan keduanya sempat mencoba traktor yang siap digunakan dalam program food estate tersebut.

Sementara itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menyampaikan lahan Humbahas memiliki keunggulan mulai dari infrastruktur hingga kesuburan tanah. Memang saat ini Humbahas memiliki 3 prioritas hortikultura antara lain kentang, bawang merah dan bawang putih. “Sekali lagi kami sangat senang dan berbangga hati,” ucap Dosmar. (San/MX)