48 Bapaslon Pilkada Dari 23 Kabupaten dan Kota di Sumut Ikuti Tahapan Tes Kesehatan di RSHAM - Metroxpose

Headline

WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Thursday, September 10, 2020

48 Bapaslon Pilkada Dari 23 Kabupaten dan Kota di Sumut Ikuti Tahapan Tes Kesehatan di RSHAM



MetroXpose.com, Medan - KPU sudah melaksanakan tahapan lanjutan pemeriksaan Kesehatan bagi para Bapaslon Pilkada Daerah Sumatera Utara, Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) mulai mengadakan Pemeriksaan Kesehatan kepada Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara Tahun 2020. Tepat pukul 07.30 wib, rangkaian Pemeriksaan Kesehatan dimulai, diawali dengan registrasi dan pengisian general agreement oleh para peserta.

Baca Juga | Terkait Penanganan Covid-19, BPK Mulai Pemeriksaan Awal Keuangan Negara Yang Dikelola Pemko Medan 

Adapun rangkaian Pemeriksaan Kesehatan bagi Paslon meliputi pemeriksaan jasmani (USG, laboratorium, rontgen, mata, penyakit dalam, bedah, urologi, gigi dan mulut, orthopaedi, THT, jantung, neurologi, paru dan obgyn), pemeriksaan psikiatri serta pemeriksaan bebas narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dan akan berlangsung selama tiga hari sampai dengan hari Jumat (11/9/2020), setelah sebelumnya menyelesaikan tahapan pemeriksaan rohani oleh HIMPSI pada hari Selasa (08/09/2020). Para Paslon yang menjalani Pemeriksaan Kesehatan ini telah melakukan pemeriksaan SWAB dan dinyatakan negatif dari virus Covid-19.

Baca Juga | Viral Seorang PNS Galang Dana Untk bayar Hutangnya 150 Juta di Bank SUMSEL

Disampaikan Direktur Utama RSUP HAM, sebanyak 42 orang Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari sembilan Kabupaten/Kota mengikuti pemeriksaan kesehatan pada hari ini, selanjutnya pada hari kedua sebanyak 48 orang dan hari ketiga sebanyak 20 orang. Rangkaian Pemeriksaan Kesehatan secara khusus dipusatkan di Gedung Paviliun RSUP HAM.

“Pemeriksaan kesehatan para pasangan calon, kami tempatkan di tempat khusus yaitu Gedung Paviliun yang jauh dari lokasi pelayanan covid. Soal tambahan waktu ada. Akan ada tambahan waktu tersendiri nanti sekitar empat belas hari mendatang. Itu untuk sekitar enam orang yang terkendala perihal hasil test PCR Swab,” kata dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K).

Baca Juga : Pertamina Resmikan SPPBE di Gunung Sitoli, Kini LPG 3 Kg Mudah Didapat

Selain dari 110 orang Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang telah dijadwalkan tersebut, masih ada Paslon yang menunda jadwal pemeriksaan kesehatan karena status calon tunggal sehingga KPU setempat memperpanjang masa pendaftaran Paslon. Dan terkait hasil test PCR Swab beberapa orang yang dinyatakan positif covid-19, akan ada penambahan waktu paling cepat empat belas hari mendatang.

“Semua dokter yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan ini adalah dokter ahli dari Adam Malik. Jumlahnya 85 orang dokter ahli. Pemeriksaan kesehatan ini tiga kelompok,” tambahnya.

Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan yang diadakan di Rumah Sakit terstandar internasional ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pemeriksaan ini dilayani oleh tim pemeriksa kesehatan RSUP HAM berjumlah ratusan orang, yang terdiri dari dokter spesialis, perawat, tenaga kesehatan lainnya dan panitia yang diketuai oleh dr Edy Ardiansyah Sp.OG (San/MX)