Positif Covid-19 Melonjak Disumut, Sosialisasi Protokoler Kesehatan Libatkan ASN - Metroxpose

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Monday, June 29, 2020

Positif Covid-19 Melonjak Disumut, Sosialisasi Protokoler Kesehatan Libatkan ASN

Positif Covid-19 Melonjak Disumut, Sosialisasi Protokoler Kesehatan Libatkan ASN

MetroXpose.com, Medan - Pandemi Covid-19 di beberapa kabupaten kota di sumatera utara masih menunjukan angka peningkatan, Medan sebagai ibukota Sumatera Utara semua wilayahnya berzona merah angka positif covid-19 terus bertambah, Menyikapi peningkatan penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengerahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajarannya, agar menyosialisasikan protokol kesehatan ke masyarakat. 

Baca Juga | Seorang ASN dan Perawat Pelaku Sindikat Pemalsuan Surat keterangan Rapid test di Sibolga

Target utama sosialisasi ini adalah pasar tradisional dan modern yang ada di Medan dan sekitarnya serta daerah yang termasuk dalam zona merah.

Baca Juga | Jokowi Ancam Akan Bubuarkan Lembaga dan reshuffle Kabinet, Ada Apa?

Peningkatan kasus positif Covid-19 di Sumut melonjak tajam dalam beberapa pekan terakhir. Satu Minggu terakhir peningkatan kasus positif Covid-19 mencapai 352 orang. Sebagian besar kasus positif Covid-19 berada di Kota Medan.


Baca Juga | Pelaku Pariwisata Sumut Harus bangkit dari Keterpurukan Roda Perekonomian Pandemi Covid-19

“Sesuai dengan arahan dan surat Gubernur, semua OPD dikerahkan untuk menyosialisasikan protokol kesehatan dan membagikan masker kepada masyarakat secara langsung. Untuk tahap ini yang menjadi targetnya adalah pasar di sekitaran Kota Medan. Karena pasar salah satu tempat yang rentan terjadi penyebaran Covid-19,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut R Sabrina, Senin (29/6), di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut.

Pada sosialisasi ini, ASN diminta untuk mengimbau masyarakat agar membatasi kegiatan di luar rumah, memakai masker, sering menyuci tangan, menjaga jarak, tidak memegang wajah sebelum cuci tangan serta tidak membawa anak-anak ke tempat keramaian. Menurut Sabrina, saat ini bagian terpenting melawan Covid-19 adalah partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk mencegah Covid-19.


Baca Juga | Demo Jilid Dua Warga Mompang Julu Madina, Massa bakar Dua Mobil

“Kekuatan terbesar melawan Covid-19 adalah partisipasi masyarakat mencegah penyebaran Covid-19, kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan dalam melawan Covid-19. Dan ini adalah salah satu cara Pemprov Sumut untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat,” terang Sabrina.

Biro Humas dan Keprotokolan Sekretaris Daerah (Setdaprov) Sumut bersama Biro Administrasi Pembangunan turut ambil bagian dalam sosialisasi yang dilakukan secara serentak mulai, Senin (29/6). Sun Plaza Jalan KH Zainul Arifin Nomor 7, Medan adalah salah satu yang menjadi target dalam menyosialisasikan protokol kesehatan Covid-19.

Biro Humas dan Keprotokolan membagikan masker, hand sanitizer serta face shield secara gratis kepada para petugas dan pengunjung Sun Plaza. Juga mengingatkan para pengunjung yang membuka maskernya saat berada di dalam Sun Plaza, agar selalu mengenakan masker.

“Kita membagikan masker, hand sanitizer, face shield secara gratis terutama kepada petugas-petugas yang ada di mal ini. Kita juga berkeliling untuk memastikan pengunjung menaati protokol kesehatan dan bila ada yang melanggar seperti membuka masker kita ingatkan,” kata Kepala Biro Humas dan Keprotkolan Setdaprov Sumut Hendra Dermawan Siregar didampingi Kabag Pelayanan Media dan Informasi Fahri Azhari.

Kegiatan sosialisasi yang juga melibatkan Satpol PP ini sendiri ditargetkan berjalan satu bulan.

Di minggu pertama targetnya adalah pusat perbelanjaan baik modern maupun tradisional. “Ini tahap pertama, kita lakukan satu minggu dengan targetnya pusat perbelanjaan karena tempat-tempat ini yang ramai dikunjungi masyarakat. Kemudian kita akan evaluasi kegiatan ini dan membenahinya bila ada kekurangannya. 

Minggu berikutnya lagi kita tentukan lagi di mana kita sosialisasi. Mudah-mudahan dengan begitu kesadaran masyarakat kita akan protokol kesehatan semakin meningkat,” terang Kepala Satpol PP Pemprov Sumut Suryadi Bahar, terpisah.

Sosialisasi ini juga dilaksanakan secara serentak oleh seluruh OPD Pemprov Sumut di sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan. Masing-masing OPD membagikan 5.000 masker, hand sanitizer dan face shield. Seperti BPKD di Plaza Medan Fair, Dinas Pendidikan di Pasar Hindu Jalan Hindu, Inspektorat di Pasar Pringgan Jalan Iskandar Muda, dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga di Pasar Timah di Jalan Timah.(Lam/MXC)