Terkini! Hujan Deras, Sejumlah Desa di Gunungsitoli Dilanda Banjir - Metroxpose

Headline

WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Friday, April 17, 2020

Terkini! Hujan Deras, Sejumlah Desa di Gunungsitoli Dilanda Banjir



MetroXpose.Com, Gunungsitoli - Selang dua jam di guyur hujan wilayah Kota Gunungsitoli - Sumatera Utara sejumlah desa tergenang akibat luapan banjir Jumat, (17/04/2020) tadi sore.



Seperti informasi yang diterima media ini dari warga masyarakat menyatakan bahwa sungai Olora dan sungai Afia ikut meluap, sungai Olora melanda 3 (tiga) desa disepanjang rumah penduduk pinggiran sungai yaitu desa hiligodu ulu, desa hilimbowo olora Kecamatan Gunungsitoli Utara dan desa Onozitoli Olora Kecamatan Gunungsitoli.





Sementara rumah warga sepanjang pinggiran sungai Afia yaitu desa Lasara Sowu. Banjir yang melanda beberapa desa tersebut sudah memasuki sejumlah rumah sehingga barang berupa peralatan dapur dan perabot rumah tangga ikut rusak, terlebih ternak milik sejumlah warga yang turut diselamatkan.





Seperti dituturkan A. Enjel Harefa warga dusun I hilimbowo olora kecamatan gunungsitoli utara kota gunungsitoli mengatakan akibat banjir sungai olora mengakibatkan anak sungai disekeliling rumahnya ikut mengepung karena meluapnya anak sungai Togi Nasu, dan sejumlah ternak miliknya bersusah payah untuk menyelamatkan dengan dibantu sejumlah warga.



Sementara A. Frengki Lase warga dusun II desa onozitoli olora kecamatan gunungsitoli mengatakan hal yang sama dan bahkan sudah mencapai separoh rumahnya digenang banjir dan masih ada warga lain didesanya yang mengalami hal yang sama ujarnya.



Lain lagi seperti dituturkan Temazaro Ziliwu alias Ama Ever penduduk dusun III desa lasara sowu kecamatan gunungsitoli utara mengatakan akibat meluapnya banjir sungai Afia semua peralatan perabot panglon ikut rusak, begitu juga peralatan rumah tangga dan ternak, dia mengharapkan kepada pemerintah kota gunungsitoli agar pembangunan bronjong disepanjang bencana dapat dilakukan demi menjaga keselamatan masyarakat, harapnya.



Fatiwanolo Harefa alias Ama Mowua yang juga sebagai anggota BPD Hilimbowo Olora Kecamatan Gunungsitoli Utara berharap kiranya pemerintah kota gunungsitoli dapat melanjutkan pembangunan bronjong yang sudah dimulai tahun 2018 disepanjang pinggiran jembatan menuju dusun I Desa Hilimbowo Olora sehingga menjadi salah satu normalisasi sungai olora.



Reporter : Oktalinus Laowo

Editor : Lamtoro