Wow ! 4,04 Triliyun Dana Pemerintah Pusat Untuk Bangun Infrastruktur dan utilitas Danau Toba - Metroxpose News and Campaign

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Tuesday, October 15, 2019

Wow ! 4,04 Triliyun Dana Pemerintah Pusat Untuk Bangun Infrastruktur dan utilitas Danau Toba


MetroXpose.com, Samosir – Pemerintah Republik Indonesia (RI) menggelontorkan anggaran sebesar Rp4,04 triliun untuk pembangunan insfratuktur dan utilitas dasar kawasan Danau Toba tahun 2020. Anggaran ini naik dari sebelumnya yang hanya sebesar Rp0,02 triliun.
Anggaran ini antara lain terbagi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Rp1,06 triliun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik (PUPR) Rp2,5 triliun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK) Rp23 miliar, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes) Rp17 miliar, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Rp4,8 miliar, Kementerian Pariwisata  (Kemenpar) Rp400 miliar dan lainnya.
Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sambutannya pada acara Peresmian Kawasan “Toba Caldera Resort” dan Peletakan Batu Pertama untuk Pembangunan Glamping, serta menandai dimulainya pembangunan infrastruktur kawasan Danau Toba, di Lahan Zona Otorita Danau Toba, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Senin (14/10). Hadir Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan seluruh Bupati se-Kawasan Danau Toba.
“Instruksi bukan hanya instruksi saja, tapi ada anggaranya. Bupati kalau bapak minta, ya sekarang. Saya ingatkan teman-teman di Danau Toba, momentum seperti ini belum tentu terulang 10 atau 20 tahun lagi, jangan disia-siakan. Waktu saya datang ke mari, anggarannya masih Rp0,02 triliun dari pemerintah. Nah kemarin kita sudah kordinasikan dengan seluruh Kementerian dan lembaga, anggaran untuk Danau Toba tahun 2020 sebesar Rp4,04 triliun,” katanya.
Arief Yahya menjelaskan bahwa pemerintah akan menjadikan Danau Toba wisata destinasi dunia yang akan disebut Bali baru di Indonesia. Menurutnya ini ditandai dengan sudah mendapatkan sertifikasi dari UNESCO Golobal Geopark. “Apa yang kita lakukan di sini, ini untuk masyarakat yang ada di Danau Toba, di sini kita sebut Bali baru karena kita akan buat wisata destinasi dunia. Kalau mau kelas dunia, maka atraksinya harus kelas dunia. Puji syukur atraksi di sini sudah kelas dunia. Danau Toba ini sudah mendapatkan sertifikasi dari UNESCO Global Geopark. Ini perjuangan yang dilakukan pemerintah sudah membuahkan hasil,” katanya.
Sementara, Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo menjelaskan perihal lahan yang telah diperoleh dalam pembangunan insfratuktur dan utilitas dasar Danau Toba saat ini seluas 386,72 hektare, yang sudah dilepaskan Kementerian Lingkungan Hidup untuk menjadi Toba Kaldera Resort atau lahan otorita.
“Sudah disebutkan dalam Perpres, ini sudah menjadi tugas yang dibebankan pada kami yang lahannya diberikan pada Badan Otorita. Sebelum melalui proses 2 tahun terakhir total 386,72 hektare sudah dilepaskan Kementerian Lingkungan Hidup untuk menjadi Toba Kaldera Resort atau lahan otorita. Nanti akan diresmikan Pak Menko, dari total 386,72 itu, 275 hektare sudah bersertifikat dan 107 hektare dalam proses untuk sertifakt HPL di BPN,” katanya.
Selain itu, dijelaskan Arie Prasetyo, pembangunan insfratuktur yang telah dikerjakan Balai Besar Jalan Nasional yang sudah mereliasasikan pembangunan jalan sepanjang 1,9 km dengan lebar 18 m di area Selatan Zona Otorita. Jadi total jalan yang akan dibangun kurang lebih 8,8 km dan tahun ini akan diselesaikan 1,9 km dan sisanya akan dianggarkan tahun 2020.
“Insfrastruktur lain yang akan dibangun penyedian air baku dan pengelolaan air limbah. Kami juga mengundang PLN nanti kami berkordinasi pembangunan jaringan listrik di kawasan otorita, sehingga harapannya di akhir tahun depan semua insfrastruktur utilitas dasar semua sudah terbangun dan kami berharap lebih konfiden pada investor untuk merealisasikan paling lama 1 atau 2 tahun kedepan hotel-hotel sudah beropersi dan tidak ada lagi masalah,” pintanya.
Berbicara investasi, Arie Prasetyo membeberkan telah mendatangkan 7 investor dengan investasi keseluruhan sebesar Rp6,1 triliun pada IMF Word Bank Meeting di Bali kemarin. Pada kegiatan Peresmian Kawasan “Toba Caldera Resort” ini kurang lebih nilai investasi sekitar Rp2 triliun atau ini tahap pertama dari realisasi dari investasi Rp6,1 triliun kemarin.
“Mengenai investasi kita akan menandatangi 6 perjanjian kerja sama dengan investor. Kilas balik setahun yang lalu pada IMF Word Bank Meeting di Bali di depan Presiden kami menandatangani dengan 7 investor dengan total investasi Rp6,1 triliun dan hari ini kurang lebih nilai investasi kami totalkan sekitar Rp2 triliun atau ini tahap pertama dari realisasi dari investasi Rp6,1 triliun kemarin,” katanya.
Gubernur Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat yang memprioritaskan pembangunan Danau Toba. Diharapkan surga kecil yang ada di Danau Toba akan tambah indah lagi yang diatur oleh tangan cerdas anak bangsa.
“Saya (Gubernur) dan bersama-sama rakyat Sumut dan masyarakat di kawasan Danau Toba, sangat mendukung dan kami pastikan bahwa tempat ini dengan bantuan presiden, menjadi destinasi prioritas seperti yang sudah dicita-citakan. Belum diapa-apakan saja sudah indah, apalagi diatur oleh orang yang cerdas. Saya yakin ini pasti bisa atas ridho Tuhan,” ucap Edy Rahmayadi.( Lam)