Puluhan Makam dan Dua Rumah Hanyut Disapu Banjir Bandang di Binanga Bolon Simalungun - Metroxpose News and Campaign

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Thursday, December 21, 2023

Puluhan Makam dan Dua Rumah Hanyut Disapu Banjir Bandang di Binanga Bolon Simalungun


MetroXpose.com Simalungun | Bencana banjir bandang menerjang Dusun 2 Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun pada Rabu (20/12/20230 Pukul 17.00 Wib. 

Banjir diduga disebabkan jebolnya bendungan air di Sitalasari Kelurahan Tigarunggu, Kabupaten Simalungun Sumatra Utara.

Meski demikian belum ada keterangan resmi dari pemerintah setempat atau instansi terkait penyebab banjir bandang yang terjadi pada rabu sore tersebut

Akibatnya jalan umum yang menghubungkan Kecamatan Haranggaol dengan Tigaras, Kecamatan Pematang Sidamanik kini dalam kondisi terputus total, dengan material banjir bandang yang masih berada di jalan dan aliran air yang persisten.

Untuk sementara, warga yang terdampak berjumlah 28 kepala keluarga, telah mengungsi di rumah Pangulu Nagori Purba Pasir Simalungun tanpa adanya korban jiwa atau luka.

Tim Polsek Purba Resor Simalungun yang dipimpin oleh Kapolsek AKP Marolop Sinaga menyampaikan tim bersama tiga anggotanya saat turun ke lokasi pada pukul 20.00 WIB untuk melakukan pengecekan dan verifikasi kejadian. 

Mereka menemukan banjir bandang membawa material batu, tanah, kayu, dan lumpur, menghanyutkan dua rumah semi permanen milik Joel Haloho dan Ramatio Sitio, serta merusak sekitar 20 makam pribadi dan ternak milik warga.

"Saya mewakili Polres Simalungun menyampaikan ungkapkan keprihatinan yang mendalam atas musibah yang menimpa warga Dusun 2 Binanga Bolon. Setelah mendapat laporan tentang banjir bandang ini Bapak Kapolres Simalungun memerintahkan kami Personel Polsek Purba bersama dengan Polres Simalungun serta Tim Satgas Penangan Bencana Alam untuk segera dan sigap bergerak untuk melakukan evakuasi dan memberikan bantuan pertama yang di butuhkan oleh warga," ujar AKP Marolop dalam keterangannya, Kamis, (21/12 2023)


Dia menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak terkait lainnya untuk penanganan lebih lanjut dan akan mempersiapkan posko untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan warga yang terdampak tetap menjadi fokus prioritas. Tim dari Koramil 13 PB dengan 5 personel Bhabinsa juga ikut serta memberikan dukungan dalam penanganan bencana ini.

"Kami memahami dampak yang terjadi sangat besar, dan tugas kami adalah memastikan bahwa masyarakat tetap dalam situasi yang aman. Proses evakuasi dan pembersihan material yang menutup jalan dan penanganan darurat ini akan terus kami lakukan hingga situasi kembali kondusif," jelasnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas di lapangan. Kepada warga sekitar dia meminta untuk tetap waspada dan dapat mengikuti arahan dari petugas yang ada di lapangan serta bekerja sama dalam menjaga kekondusifan.

"Mari kita tunjukkan solidaritas kita dalam menghadapi bencana ini," ajaknya.

reporter : Lam/MX