Kolaborasi Pemko BauBau dan Pemko Bima Dalam Pengedalian Laju Inflasi - Metroxpose News and Campaign

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Thursday, December 14, 2023

Kolaborasi Pemko BauBau dan Pemko Bima Dalam Pengedalian Laju Inflasi


Metroxpose.xom, Baubau |  Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima tentang Pengendalian Inflasi Daerah, khususnya dibidang distribusi dan pengembangan komoditas bawang merah.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani lansung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Muh.Rasman Manafi dengan Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri di Ruang Rapat Forkopimda Kantor Bupati Bima, Kamis(14/12/2023).

Pj. Wali Kota Baubau, Rasman Manafi mengungkapkan, Kota Baubau merupakan penghubung kepulauan di Sulawesi Tenggara yang kebutuhan ekonominya digerakkan oleh enam Kabupaten penyangga. Sehingga Inflasi sangat cepat berdampak bagi kegiatan ekonomi Kota Baubau karena merupakan daerah penyangga beberapa daerah lainnya dalam distribusi pangan dan sandang.

"Kerjasama antara Kota Baubau dan Kabupaten Bima dimulai dengan distribusi bawang merah dan akan dilanjutkan dengan kerjasama pada sektor lain,”kata Rasman dalam keterangan tertulisnya dilansir dari rilis Diskominfo Baubau.

Sementara itu Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri menjelaskan, dalam jangka panjang, kerjasama tersebut tidak hanya mencakup distribusi bawang merah, tetapi juga ingin memastikan ada alih teknologi budidaya komoditi unggulan apabila ada potensi lahan yang memiliki karakteristik sama dengan daerah tujuan.

Indah menjelaskan, potensi bawang merah Kabupaten Bima terus dikembangkan, apalagi dengan adanya satu varietas unggul yakni "Keta Monca", sebuah varietas unggul asal Bima yang lebih tahan penyakit dengan produktifitas yang tinggi.

”Mudah-mudahan kehadiran Wali Kota Baubau akan dapat mewujudkan kerjasama berkelanjutan, bukan hanya pada komoditi bawang, tapi juga potensi di sektor lain seperti peternakan yang memiliki potensi cukup bagus dalam menyokong kebutuhan pangan beberapa daerah,”harapnya.

Adapun nota kesepahaman yang diteken Pj Wali Kota Baubau bersama Bupati Bima tersebut kemudian dihari yang sama langsung ditindaklanjuti dengan penandatangan perjanjian kerjasama antara organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yakni Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Baubau, Muh. Rais dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima, Muh. Nasir.




Reporter : NS/MX