Peringati Hari Jadi Kota Medan Ke-433, Dinkes Kota Medan Menggelar Gebyar Peduli Kesehatan - Metroxpose

Headline

Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Sunday, July 30, 2023

Peringati Hari Jadi Kota Medan Ke-433, Dinkes Kota Medan Menggelar Gebyar Peduli Kesehatan


Metroxpose.com, Medan | Sebagai rangkaian dari puncak peringatan hari jadi Kota Medan yang ke-433 tahun, Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan Kota Medan menggelar Gebyar Peduli Kesehatan bertempat di RSUD H Bachtiar Djafar, jalan Yos Sudarso, Kec. Medan Labuhan, Sabtu (29/7).

Kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan secara gratis yang di khususkan bagi masyarakat di Medan utara ini dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr. Taufik Ririansyah.

Dalam sambutanya Taufik Ririansyah mengatakan Dinas Kesehatan selaku Perangkat Daerah yang bertanggung jawab terhadap urusan dibidang kesehatan di Kota Medan berkomitmen untuk selalu menjaga profesionalisme dalam melayani pasien mulai dari faskes tingkat pertama hingga faskes tingkat lanjutan.

"Sebagai bentuk dukungan terhadap program prioritas Bapak Wali Kota di bidang kesehatan, kami sebagai pelayan masyarakat dituntut untuk selalu melayani seluruh orang yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan baik itu di Puskesmas maupun di Rumah Sakit milik Pemko Medan."kata Taufik Ririansyah didampingi Direktrur RSUD H Bachtiar Djafar dr. Irliyan Saputra SpOG.

Dikatakan Taufik Ririansyah lagi, guna mendukung peningkatan pelayanan kesehatan di kota Medan, saat ini Pemko Medan juga telah menjalankan program Universal Health Coverage (UHC). Meski demikian, Taufik Ririansyah tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap membiasakan hidup sehat agar tidak gampang tertular berbagai penyakit.

"Mekipun sudah banyak jaminan kesehatan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah kepada masyarakat seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, UHC, dan jaminan kesehatan lainya, namun masyarakat harus tetap menjaga pola hidup sehat agar tidak gampang tertular oleh berbagai penyakit yang bisa merugikan masyarakat."himbau Taufik Ririansyah.

Dalam kegiatan gebyar peduli kesehatan ini sendiri, Taufik Ririansyah menerangkan Dinas Kesehatan mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis penyakit tidak menular, pemeriksaan gigi dan mulut untuk anak SD, pemeriksaan mata sekaligus pemberian kaca mata secara gratis bagi lansia, pemeriksaan USG gratis bagi ibu hamil, donor darah, dan screening strees tes.

"Screening strees tes ini merupakan satu-satunya yang ada di Kota Medan yang dimiliki oleh Puskesmas Helvetia."pungkasnya.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini tentunya disambut antusias oleh ratusan masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatanya salah satunya ialah Safrida. Dirinya mengaku sangat bersyukur dengan adanya kegiatan pemeriksaan kesehatan secara gratis ini, terlebih Wali Kota Medan Bobby Nasution juga telah mendirikan RSUD H Bachtiar Djafar di Medan Utara sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke kota untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

"Saya sebagai warga di Kecamatan Medan Labuhan sangat bersyukur sekali dengan adanya kegiatan ini, saya juga menyampaikan ucapakan terimakasih saya kepada pak Bobby Nasution yang sudah mendirikan Rumah Sakit sebagus ini di Medan Labuhan, jadi kami masyarakat yang tinggal di Medan bagian Utara ini tidak perlu repot jauh-jauh pergi ke kota untuk memeriksakan kesehatan."ungkapnya seraya mengatakan seluruh petugas RSUD RSUD H Bachtiar Djafar melayani masyarakat dengan baik dan ikhlas.

Sebelumnya dalam laporan yang disampaikan oleh ketua panitia dr. Hari Putra Dermawan menjelaskan adapun sejumlah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan dalam kegiatan Gebyar Peduli Kesehatan ini mencakup pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular yang dilakukan terhadap 125 orang, pemeriksaan gigi dan mulut kepada 50 orang anak-anak sekolah tingkat SD, pemeriksaan USG ibu hamil sebanyak 15 orang, pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata gratis untuk 200 orang lansia, pelaksanaan donor darah dan pemeriksaam strees tes. 

Reporter : Syaipul Siregar