15 Peserta Ikuti Pelatihan Peningkatan Ketahanan Pangan Dengan konsep urban farming - Metroxpose News and Campaign

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Saturday, July 15, 2023

15 Peserta Ikuti Pelatihan Peningkatan Ketahanan Pangan Dengan konsep urban farming


MetroXpose. Com, MEDAN | Sebanyak 15 peserta mengikuti acara Pelatihan peningkatan ketahanan pangan dengan konsep urban farming yang digelar Pihak Kelurahan Masjid Kecamatan Medan Kota bersama Lembaga Pengabdian Masyarakat UNIMED di Aula Kantor Kelurahan Masjid Jalan Sinabung, Sabtu (15/7).

Lurah Masjid Kecamatan Medan Kota, Syawaluddin Nasution, ST mengatakan bahwa ke 15 peserta yang ikuti acara tersebut merupakan kader urban farming kelurahan Masjid Kecamatan Medan Kota. Dimana acara yang digelar ini juga merupakan program kemitraan dengan masyarakat lembaga pengabdian masyarakat unimed.

"Acara ini merupakan program kelanjutan sampai bulan Oktober 2023,"kata Lurah Masjid, Syawaluddin.

Dilanjutkannya, 15 kader yang mengikuti acara ini dapat meneruskan atau mengabdikan kepada masyarakat kelurahan masjid. Agar masyarakat Kelurahan Masjid Kecamatan Medan Kota dapat mengetahuin tentang urban farming.

"Jadi nanti orang ini akan menjadi pelopor pertanian perkotaan atau urban farming"bilang lurah

Tentulah, sambubnya, dengan terciptanya ketahanan pangan akan terwujudkan juga ketahanan ekonomi.

Perlu diketahui, sambung Syawaluddin bahwa kegiatan ini merupakan program prioritas Bapak Wali Kota Medan yakni Bapak H. M. Bobby Afif Nasuton dan wakil wali kota Medan H Aulia. Lalu arahan juga dari Bapak Camat Medan Kota Medan.

Dimana, satu satunya Kelurahan Di Kota Medan yakni melakukan kolaborasi Medan berkah dengan salah Perguruan Tinggi seperti UNIMED

Sementara itu Dosen Pengabdi dari UNIMED, DR. ALKHAFI Maas Siregar menjelaskan bahwa pada pokoknya program kemitraan ini digelar untuk membantu memecahkan masalah yang ada di masyarakat. Misalnya ada masalah ada covid 19. Pasalnya peserta ini Banyak kerjanya menjadi pemandu wisata di Kelurahan Masjid Kecamatan Medan Kota.

Nah, tentulah saat masa covid 19 itu Jadi mengalami kesulitan ekonomi. Sehingga, dengan acara ini kita gelar.

"Dengan acara ini digelar untuk ketahanan pangan dan meningkatkan penghasilannya,"katanya

Tentulah dengan acara ini tentulah terjadilah ketahanan pangan.Dimana tadi kader telah dilatih cara menanam sayuran
"Program ini bisa berkelanjutan ketahanan ekonomi.

Kalau dia mahir dan mampu menanam sayur sayur dia sudah tahu dan bisa menjualnya,"bilangnya.

Perlu diketahui kalau daerah di Kelurahan Masjid Kecamatan Meda Kota bukan pertanian perdesaa tetapi daerah urban farming. Farming Salahatunya lahan sempit. Dimana dia bisa menanam di lahan sempit yang telah tersedia atau terbatas. Misalnya vertikal garden.

"Kalau di lahan sempit Tidak bisa menanam horizontol jadi harus vertikal,"bilangnya

Untuk itulah dirinya berharap kepada para peserta agar dapat mengaplikasi untuk ketahanan pangannya baru menularkannya kepada masyarakat Kelurahan Masjid. (Omi).