Kota Medan Salah Satu Green City yang Diungkap Wakil WalIkota Medan Pada Gala Dinner IMT GT GCMC 2022 - Metroxpose

Headline

WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Thursday, November 3, 2022

Kota Medan Salah Satu Green City yang Diungkap Wakil WalIkota Medan Pada Gala Dinner IMT GT GCMC 2022


Metroxpose.com,Medan | Di acara Gala Dinner The Fifth Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT GT) Green Cities Mayor Council (GCMC) Meeting Tahun 2022 di Medan Club, Selasa (1/11), Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota H Aulia Rachman mengungkapkan, konsep green city sangat bagus. Bahkan, Kota Medan merupakan salah satu kota di Indonesia yang terpilih menjadi green city.

“Sebelas tahun yang lalu, sebanyak 40 kabupaten/kota, termasuk Kota Medan hadir di Jakarta. Pihak Kementerian menetapkan Kota Medan menjadi salah satu green city di Indonesia. Sebab, menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekitar 20 % dari luas wilayah kotanya,” kata Aulia Rachman.

Dalam gala dinner yang dihadiri para peserta IMT GT GCMC Meeting 2022 di antaranya Wali Kota Hat Yai, Thailand, Pol Lt Gen Sakorn Thongmunee dan Wakil Wali Kota Hat Yai Mr Wichai Kanchanasuwon, Pengarah Kesihatan Bandaraya Ipoh, Malaysia, M Raman A/L Maran, Ketua Jabatan Perancang Bandar dan Landskap Kuala Kangsar Mr Encik Nurul Amin serta Deputy Permanent Secretary Songkhla, Thailand, Mr Visi Prayoonsawadate, Aulia Rahman selanjutnya memaparkan, banyak konsep yang telah dilakukan Kota Medan untuk mewujudkan green city.

Salah satu di antaranya, jelas Aulia Rachman, menerapkan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang dalam beberapa bulan ini akan diganti menggunakan LED di 125.000 titik. "Konsep green city sangat bagus. Itu sebabnya pergantian LPJU ini dilakukan sebagai implementasi dari Green City Action Plan 2035 Kota Medan di sektor transportasi dan energi hijau," jelasnya.

Oleh karenanya dalam pertemuan ini, kata Aulia Rachman, konsep mana yang dapat diambil dan diimplementasikan di masing-masing kota guna mendukung terwujudnya konsep green city tersebut. Di samping itu, mantan anggota DPRD Medan ini juga berharap agar masing-masing kota yang hadir dalam Pertemuan ke-5 IMT GT GCMC Meeting 2022 dapat menghadapi tantangan perekonomian ke depan yang semakin berat.

Gala dinner yang berlangsung penuh keakraban dan kekeluargaan ini turut dihadiri Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Asisten Ekbang Pemko Pekanbaru Hj El Syabrina MP, Asisten Ekbang Pemko Banda Aceh Jalaluddin ST MT, Kadis Lingkungan Hidup Pemko Padang Ir Mairizon MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Dumai Yusrizal S Sos MSi, Asisten II Ekbang Kota Sabang Faisal Azwar serta pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, tampak menikmati aneka kuliner yang disajikan disertai saling berbagi cerita.

Gala dinner ini digelar sebagai penutup rangkaian kegiatan Pertemuan Ke-5 IMT GT GCMC Meeting 2022. Selain rapat, event ini juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan seperti sepeda santai dan penanaman pohon di Taman Gajah Mada Jalan Gajah Mada Medan untuk mendukung green city. IMT GT merupakan forum Kerjasama lintas negara di wilayah ASEAN yang sudah terjalin sejak tahun 1993. Sebagai ungkapan apresiasi dan terima kasih, Aulia Rachman memberikan cindera mata dari Pemko Medan kepada para peserta. Sebaliknya, para peserta juga memberikan cindera mata kepada Pemko Medan yang telah menjadi tuan rumah.




Reporter : Syaipul Siregar