Tanah Longsor Terjadi di Jangga Dolok Lumbanjulu, Jalinsum Sempat Dibuka Tutup - Metroxpose

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Sunday, August 28, 2022

Tanah Longsor Terjadi di Jangga Dolok Lumbanjulu, Jalinsum Sempat Dibuka Tutup


Metroxpose.com, Medan. Toba | Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb  melalui Kasi Humas Polres Toba IPTU Bungaran Samosir membenarkan bahwa ada nya longsor yang menutupi jalan lintas Sumatera antara Medan ke Tarutung.

Longsor terjadi, akibatkan jalan lintas Sumatera putus total dimana jalan tertimbun tanah dan material sehingga jalan tidak dapat dilintasi , tepatnya di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, Minggu (28/8/2022) sekira pukul 02.00 WIB.

Longsor yang membawa material lumpur, batu dan kayu, sehingga badan jalan tertutup yang mengakibatkan kemacetan puluhan kilometer.

Informasi yang didapat dari salah seorang warga sekitar, memyampaikan kepada Polres Toba bahwa telah terjadi longsor di Jangga Dolok yang sampai menutupi jalan , dengan secepatnya Polsek Lumban Julu turunnke TKP dan melakukan upaya Evakuasi dan melakukan koordinasi kepada instansi terkait untuk segera melakukan pembukaan jalan dengan menurunkan alat berat ungkap Kasi Humas Polres Toba Iptu B. Samosir.

Anggota dikerahkan untuk membersihkan material longsor dengan alat berat dan masyarakat. Kendaraan pun kini sudah dapat dilalui dengan lancar tetapi harus tetap waspada,” ungkapnya.

Dengan segera juga Wakapolres Toba Kompol Lamin, didampingi Kabag Ops Polres Toba Kompol Jhoni A. Siregar bersama personil Polres Toba langsung turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi material tanah longsor yang dibantu dengan alat berat.

"Informasi dari masyarakat, bahwa hujan sudah turun dari mulai sore hingga malam hari, sehingga longsor tebing terjadi sekitar pukul 2.00 WIB, dan menutup akses jalan, sehingga macet terjadi mulai dari Parapat hingga ke Porsea," ucap Wakapolres .

Lanjut Wakapolres menyebutkan, 2 unit alat berat sudah diturunkan di lokasi, untuk pembersihan material longsor.

"Saat ini, pada pukul 8.00 WIB, jalan sudah bisa dilalui dengan sistem buka tutup. Dimana, kendaraan sempat berlapis. Dan semoga secepatnya ini akan berjalan dengan normal kembali," ujar Kompol Lamin,S.Pd.

Pembersihan material longsor tersebut, turut dilakukan oleh Plt.Camat Lumbanjulu Herta Simanjuntak, Kapolsek Lumbanjulu AKP Robinson Sembiring, personil Polsek Lumbanjulu, anggota Koramil 12 Lumbanjulu dan juga dibantu masyarakat sekitar dan disampaikan tidak ada korban jiwa pada bencana alam tanah longsor jelas Kasi Humas.




Reporter : Syaipul Siregar