Program Pengabdian Kepada Masyarakat, FIB USU Produksi Film Etnografi Desa Lingga - Metroxpose

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Wednesday, August 10, 2022

Program Pengabdian Kepada Masyarakat, FIB USU Produksi Film Etnografi Desa Lingga


Metroxpose.com, Karo | Tim dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB-USU) melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (Kemitraan Mono Tahun Reguler) tahun 2022 di desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo terhitung sejak bulan Juni hingga Oktober 2022. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di desa Lingga adalah pembuatan film etnografi-pendek.

Seperti diungkapkan Ketua Tim, Arifninetrirosa SST MA, pembuatan film etnografi-pendek mengambil tema kesenian tradisional Karo. Produksi film ini upaya mendukung promosi dan persebaran informasi desa Lingga sebagai desa wisata dan desa budaya.

“Produksi film ini bentuk dukungan USU terhadap promosi dan diseminasi desa wisata dan budaya. Desa Lingga adalah salah satu desa andalan (wisata dan budaya-red) di Sumatera Utara, dataran tinggi Kabupaten Karo khususnya,” ungkap Arifninetrirosa saat di lokasi pengabdian, desa Lingga (Selasa, 9/8).

Lanjut Arifninetrirosa, kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan sanggar seni Nggara Simbelin pimpinan Simpei Sinulingga.

“Mitra masyarakat kami adalah Sanggar Nggara Simbelin. Untuk itu, Simpei Sinulingga sebagai pimpinan sanggar kami minta sebagai narasumber untuk pembuatan film etnografi ini,” ungkapnya.

Pimpinan sanggar Nggara Simbelin Simpei Sinulingga mengaku, dirinya sangat mendukung dan berterimakasih atas kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan LPPM-USU di desa Lingga.

“Sebagai masyarakat, kami sangat mendukung dan berterimakasih atas kegiatan kampus USU ini. Kegiatan ini sangat membantu promosi wisata dan budaya di desa Lingga. Film ini pun membantu pendokumentasian dan pelestarian kesenian tradisional Karo, khususnya bermanfaat bagi generasi muda,” ucap Simpei.

Adapun tim Pengabdian Kegiatan kepada Masyarakat (Kemitraan Mono Tahun Reguler) tahun 2020 ini adalah Arifninetrirosa SST MA (Ketua/Etnomusikologi), Dra Rithaony Hutajulu (Anggota/Etnomusikologi), dan Drs Edi Sumarno MHum (Anggota/Ilmu Sejarah).

Kegiatan ini dibiayai Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USU dari Sumber Dana NON PNBP USU Tahun 2022 serta merupakan program rutin LPPM-USU.

Reporter : Erianto Perangin Angin.