Program NGOMPAS Kecamatan Medan Selayang Jaga Kamtibmas - Metroxpose

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Thursday, June 16, 2022

Program NGOMPAS Kecamatan Medan Selayang Jaga Kamtibmas


Metroxpose.com, Medan - Guna mewujudkan Kota Medan yang lebih kondusif sebagaimana Visi Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kecamatan Medan Selayang menggelar kegiatan Ngopi Sambil Jaga Poskamling Selayang (NGOMPAS), Kamis (16/6).

 Kegiatan yang merupakan Kolaborasi tiga pilar unsur Muspika ini juga untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan Medan Selayang sekaligus berdiskusi dengan warga terkait upaya dan langkah mengurangi tindak kriminalitas.

Kegiatan NGOMPAS ini diawali dengan Patroli bersama mengelilingi sejumlah wilayah yang ada di kecamatan Medan Selayang. Sebelum patroli, petugas melakukan apel bersama di halaman kantor Kecamatan yang dipimpin Camat Medan Selayang Viza Fandhana. Hadir Danyon Kaveleri 6/Naga Karimata, Letkol Kav. Nugraha Yudha Prawiranegara, Kapolsek Medan Sunggal,Kompol Candra Yudha Pranata dan perwakilan Danramil 07/MT, Lurah PB Selayang I, Reza serta Organisasi Karang Taruna.

Selanjutnya sekitar pukul 22:00 WIB, Camat Medan Selayang, Danyon Kaveleri 6/Naga Karimata, Kapolsek Medan Sunggal dengan menggunakan sepeda motor berkeliling melakukan patroli mulai dari jalan Ringroad masuk ke jalan Setia Budi dan berakhir di Poskamling di Jalan Sei Asahan Nomor 70 lingkungan IV, Kelurahan PB Selayang I, Medan Selayang.

Saat tiba di Poskamling, Camat Medan Selayang Viza Fandhana dan unsur Muspika menjumpai beberapa warga yang sedang berkumpul di salah satu warung. Viza pun menjelaskan kehadirannya bersama tim kepada warga tersebut.

Bapak- bapak lagi berkumpul ya, kami ada bapak Danyon dan Kapolsek hadir disini tengah melakukan patroli keliling dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban umum sekaligus berjaga di Poskamling. Gimana kondisi keamanan di lingkungan ini aman kan pak," Kata Viza Fandhana.

Mendengar penjelasan Camat, warga merasa senang karena kegiatan tersebut dapat meningkatkan keamanan di wilayah. "Kami senang dan dukung kegiatan ini karena kami dapat merasa lebih aman dan keamanan lingkungan juga semakin terjaga," kata seorang warga bernama M Salim.

Menurut M Salim, adanya Poskamling ini membuat warga yang ada dilingkungan menjadi lebih aman. Apalagi dirinya menjaga gudang setiap malam sehingga dengan adanya Poskamling ini sangat membantu. "Selain menjadikan warga lebih aman dan nyaman, keberadaan poskamling juga sangat membantu saya ketika menjaga gudang, karena tidak begitu repot ketika saat berjaga," Sebutnya.

Selanjutnya Viza Fandhana menjelaskan bahwa kegiatan Kolaborasi tiga pilar ini selain berpatroli dan berjaga di Poskamling juga menyerap aspirasi masyarakat terkait masalah keamanan dan ketertiban. Kegiatan yang kita namai NGOMPAS ini akan rutin kita lakukan guna meningkatkan keamanan dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan Medan Selayang.

"Kegiatan NGOMPAS ini akan rutin kita lakukan berkolaborasi dengan unsur Muspika Polsek Sunggal dan Koramil 07/MT dan di dukung Kaveleri 6/Naga Karimata agar memastikan keamanan dan ketertiban umum terjaga dengan baik demi terwujudnya Medan Kondusif sesuai Visi Pak Bobby Nasution," Jelas Viza Fandhana sembari mengungkapkan masyarakat diminta juga ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Viza Fandhana menambahkan di Kecamatan Medan Selayang terdapat 74 Poskamling ari 63 lingkungan. Kedepannya akan kita lebih aktifkan kembali poskamling yang kurang aktif, salah satunya melalui kegiatan NGOMPAS seperti ini. Viza pun berharap kegiatan ini dapat mengurangi jumlah kriminalitas dan meningkatkan keamanan.

"Kita berharap kegiatan NGOMPAS ini dapat mengurangi tindakan kriminalitas dan dapat meningkatkan keamanan. Sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman tinggal di wilayah Kecamatan Medan Selayang. Untuk titik rawan, wilayah ini termasuk titik rawan, kedepannya kita akan petakan titik rawan dan akan kita kunjungi seperti malam ini," Sebut Camat Medan Selayang.

Sementara itu Kapolsek Medan Sunggal Kompol Candra Yudha Pranata mengungkapkan pihaknya sangat mendukung kegiatan NGOMPAS yang digelar Kecamatan Medan Selayang. Kegiatan yang positif ini dinilai dapat mendeteksi dini setiap gangguan Kamtibmas. Artinya dengan adanya warga berjaga di Poskamling bukan hanya sekedar berkumpul tetapi juga menjaga lingkungannya.

"Kami dukung kegiatan ini karena dapat mendeteksi dini setiap gangguan Kamtibmas. Sehingga adanya Poskamling ini warga bukan hanya sekedar berkumpul tetapi juga menjaga lingkungannya dengan mengetahui orang keluar masuk di lingkungan tersebut," Jelasnya.

Sedangkan Danyon Kaveleri 6/Naga Karimata Letkol Kav. Nugraha Yudha Prawiranegara mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung kegiatan Kolaborasi dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban umum. "Kita selalu berkolaborasi untuk menjaga keamanan. Kita berada di belakang terus mendukung agar wilayah kita aman dan kondusif," Jelasnya.

Dari pantauan sampai pukul 01:00 Dini Hari kegiatan NGOMPAS ini masih berlangsung. Camat Medan Selayang, Kapolsek Medan Sunggal dan Danyon Kaveleri 6/Naga Karimata masih berjaga di Poskamling bersama warga di lingkungan tersebut.

Reporter Syaiful Siregar