Bom Seberat Setengah Ton ditemukan Warga saat Korve - Metroxpose News and Campaign

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Sunday, April 4, 2021

Bom Seberat Setengah Ton ditemukan Warga saat Korve


Bom Seberat Setengah Ton ditemukan Warga saat Korve


MetroXpose.com Halmahera - Penemuan Bom oleh warga ditengah kegelisahan isu Bom dan teroris belakangan ini menjadi konsentrasi aparat keamanan. Masyarakat Desa Towara, Kecamatan Galela, Halut menemukan sebuah bom diduga peningalan Perang Dunia (PD) II. Mortir yang ditemukan terbilang sangat besar. Panjangnya mencapai 1 meter dan beratnya diperkirakan 600 kg.

Penemuan bom bermula dari masyarakat desa yang melakukan kerja bakti pada Jumat (26/3/2021) sekira pukul 18.00 WIT di lapangan bola Desa Towara. Raifan Sadek bersama temannya Irfan Ngawaro yang pertama kali menemukan mortir tersebut.

Belum diketahui pasti bagaimana keduanya menemukan bom ukuran jumbo tersebut. Namun, dari foto yang diperoleh, diperkirakan bom ditemukan dalam posisi berdiri dengan kemiringan sekira 20 derajat dengan bagian ujung menghadap ke atas.

Dilihat dari ketebalan tanah galian, ujung bom diperkirakan tidak lebih dari 50 cm dari permukaan tanah. Kemungkinan saat itu, keduanya melakukan penggalian kecil yang secara tidak sengaja menyentuh bagian ujung bom.

Meski kronologi pasti masih dicari tahu, namun keduanya begitu sigap langsung melaporkan kepada kepala desa setempat. Penemuan itu selanjutnya diinformasikan ke Polsek Galela dan selanjutnya diteruskan Polres Halut dan Sat Brimob Polda Maluku Utara (Malut).

“Ukuran bom sekira 1 meter lebih dengan berat diperkirakan 600 kg. Kami terima laporan dari personil Polsek Galela. Saat itu juga langsung diterjunkan personil ke tempat penemuan dan mengamankan lokasi,” kata Kasubag Humas Polres Halut AKP Mansur Basing.

Lanjut Mansur, setalah mengamankan lokasi, penemuan itu langsung dikoordinasi dengan Unit Jihandak Sat Brimob Polda Maluku Utara untuk penanganan mortir tersebut,"tukasnya 

“Kondisi fisik bom sudah berkarat dan kemungkinan merupakan sisa peninggalan perang. Saat ini TKP tersebut telah dipasang police line dan di awasi oleh Personil Polsek Galela agar tidak ada warga yang mendekat,” ujar Mansur.

“Bom yang ditemukan belum diketahui masih aktif atau tidak karena masih menunggu tim Jihandak Sat Brimob untuk melakukan pemeriksan Lanjutan.(San/MX)


Sumber : HarianHalmahera.com