Kesbangpol Muna Barat Rancang Dialog Ketahanan Ekonomi Guna Optimalisasi Potensi Lokal - Metroxpose

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Friday, February 5, 2021

Kesbangpol Muna Barat Rancang Dialog Ketahanan Ekonomi Guna Optimalisasi Potensi Lokal


Kesbangpol Muna Barat Rancang Dialog Ketahanan Ekonomi Guna Optimalisasi Potensi Lokal



Metroxpose.com Laworo- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Muna Barat Melakukan pengumpulan data bahan dan informasi dibidang ketahanan ekonomi guna menghadapi disrupsi pandemi covid-19. Hal ini disampaikan La Ode Andi Muna, S.Sos., M.Si, selaku Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah instansi tersebut, Jumat (05/02/2021)

"Kami melakukan pemetaan potensi ekonomi guna mensinergikan konsep ketahanan ekonomi antara pemerintah, pelaku ekonomi, dan unsur masyarakat" katanya kepada awak media.

Pemetaan tersebut dilaksanakan dalam rangka membantu Pemerintah Daerah merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi lokal Kabupaten Muna Barat dalam upaya membangun ekonomi dimasa pandemi bisa berjalan efektif.

"informasi dari pelaku ekonomi dan stakeholder lainnya sebagai bahan untuk merancang bagaimana pembangunan ekonomi daerah ini penting agar program ketahanan ekonomi ini bisa direalisasikan oleh SKPD-SKPD teknis" jelasnya.

Dialog menjadi alternatif pilihan SKPD ini memperoleh informasi maupun masukan-masukan dari stakeholder. Hasilnya akan disusun satu konklusi yang bisa dijadikan satu rekomendasi kepada pemerintah daerah, dalam hal ini Bupati dalam rangka pengambilan kebijakan-kebijakan untuk ketahanan ekonomi kedepan.

"Pandemi mengharuskan kita menjaga jarak fisik dengan yang lain sehingga nanti kita buat dialognya lewat webiner sehingga siapapun dan dimana pun dia bisa ikut berpartisipasi dalam memberikan gagasannya" pungkasnya.

Ia menuturkan Pemda punya komitmen untuk memajukan Muna Barat dengan segala potensinya. Melalui kegiatan dialog ketahanan ekonomi ini diharapkan gagasan mengoptimalkan potensi daerah dalam rangka menjaga stabilitas dan akselerasi ketahanan ekonomi.

”Betul kita tidak punya potensi tambang tapi kita punya ladang yang subur, sabana yang luas, laut dengan keaneka ragaman hayatinya, sehingga apabila kita optimalkan ini maka saya yakin masyarakat kita akan semakin sejahtera. Konsepnya yakni Sentra Pertanian Terpadu dengan sub-sub sistemnya perkebunan, peternakan dan perikanan dan semua ini harus saling terintegrasi. Ujung tombak dari semua itu mesti terwujud sentra UMKM Desa. Ini baru namanya Gerakan Ekonomi Lokal" jelasnya.

Memastikan kebijakan ketahanan ekonomi daerah, Kesbangpol Muna Barat menyiapkan beberapa skema dalam mmelaksanakan monitoring dan evaluasi stabilitas ekonomi daerah.

"Evaluasi itu membutuhkan partisipasi masyarakat. Untuk itu kami siapkan treasure economy salah satu skemanya. Selain itu, sensus ekonomi sedang kami siapkan pula skema teknisnya. Dan beberapa skema lainnya demi mematangkan informasi monitaring dan evaluasi ini" tutupnya. (ARR/MXS)