Gubernur Edy Ingatkan Kumuhnya Pemukiman Terdampak Banjir ROB di Benahi - Metroxpose

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Wednesday, October 21, 2020

Gubernur Edy Ingatkan Kumuhnya Pemukiman Terdampak Banjir ROB di Benahi

Gubernur Edy Ingatkan Kumuhnya Pemukiman Terdampak Banjir ROB



MetroXpose.com, Belawan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersama Pelindo I Belawan untuk bersinergi dengan menyatukan masterplan guna menata dan mengembalikan kelestarian daerah pinggiran pantai di Belawan yang kerap terkena banjir rob.

Baca Juga | Pencuri  Kabel Tembaga di Fakultas Kedokteran USU Diamanakan Petugas

Hal ini disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi, saat meninjau perkampungan warga di Lorong Ujung Tanjung 2 Bagan Deli Belawan, Selasa (20/10), yang kerap terkena banjir rob. Gubernur melihat kawasan ini perlu segera ditata agar tidak terlihat kumuh dan kebersihan warga dapat terjaga.

"Ini harus terkoneksi dengan Pemko dan Pemprov Sumut. Kita harus duduk bersama dan apa yang harus kita perbuat dalam mengatasi hal ini, harus ada jawaban yang benar. Pelindo dan Pemko serta lainnya harus berbuat apa? BPN juga akan saya undang dalam menangani banjir rob yang kerap terjadi di sini," ucapnya.

Baca Juga | Ditindak Pol PP,  Sejumlah Wagra Langgar Protokoler Kesehatan 3M

Hadir dalam kunjungan tersebut, Pjs Walikota Medan Arief Sudarto Trinugroho, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1 Medan Edison Kurniawan, GM Pelindo 1 Cabang Belawan Yarham Harid, Camat Medan Belawan Ahmad, Kepala Dinas Sosial Sumut Rajali, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Riadil Akhir Lubis, dan Forum Anak Belawan Bersatu (FABB).

Di Lorong Ujung Tanjung 2 Bagan Deli Belawan, Edy Rahmayadi juga melihat banyaknya pemukiman yang telah berdiri. Padahal dahulunya kawasan tersebut masih berupa hutan bakau. Karena itu, Pemko Medan terutama pada Camat Medan Belawan, diminta untuk dapat melakukan penataan, agar warga tidak lagi mendirikan bangunan di kawasan hutan bakau di pinggir pantai.

Mengatasi ini, Pemko Medan dengan bantuan Pelindo diminta mencari solusi yakni untuk segera membangun Rumah Susun yang nantinya dapat ditempati warga di pinggiran pantai Belawan. "Saya minta ke depan Camat untuk lebih tegas lagi. Jangan nanti sudah kita bangun tempat ini, hal ini masih terjadi, maka repot kita. Tidak akan siap kita menata daerah ini," katanya.

GM Pelindo 1 Cabang Belawan Yarham Harid mengatakan akan segera menyampaikan hal tersebut ke Kementerian untuk segara ditindaklanjuti. Menurutnya, Pelindo I Belawan siap bersinergi dengan Pemko Medan dalam menata Belawan agar lebih baik ke depan.

"Kita akan segera sampaikan arahan Bapak ke pusat. Untuk Pelindo I Belawan sendiri siap bersinergi dengan Pemko Medan, dengan memberikan dana CSR kami dalam penataan daerah ini," katanya.

Selain meninjau lokasi banjir rob, Edy Rahmayadi juga membagikan masker dan sembako pada warga sekitar. Pada masyarakat tidak lupa Edy Rahmayadi mengingatkan warga tetap menjaga kesehatan dan kerap memakai masker di area publik