Pemkab Nias Barat Terlantarkan Aset Pemerintah, Alat Berat Tertonggok Tak Terawat - Metroxpose News and Campaign

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Tuesday, September 1, 2020

Pemkab Nias Barat Terlantarkan Aset Pemerintah, Alat Berat Tertonggok Tak Terawat


MetroXpose.com, NiasBarat - Lagi - lagi satu unit aset bergerak milik Pemerintah Daerah yang dikelola oleh Dinas PUPR Kabupaten Nias Barat ditemukan terlantar dalam kondisi memprihatinkan bagaikan rongsokan tepatnya di Dasoge’e perbatasan antara Kecamatan Lahomi dengan Kecamatan Mandrehe.

Baca Juga | Kapolres  Nias AKBP Wawan Iriawan Pimpin Sertijab dan Korps Raport

Menurut salah seorang warga Desa Lolohia Kecamatan Mandrehe yang meminta namanya untuk tidak disebutkan kepada media MetroXpose.com, pada Rabu 30 Agustus 2020, mengatakan buldoser tersebut sudah lama tidak di operasikan dan tidak terurus lagi.

“Sepengetahuan kami, buldoser ini sudah lama ditinggalkan ditempat ini. Operasinya kami lihat hanya saat pengerjaan pengaspalan jalan Dasoge’e ini tahun 2019 lalu, sesudah itu, tidak lagi”, ujarnya.

Ia menyayangkan penelataran aset Pemeritah tersebut dan menduga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sengaja meninggalkannya sebagai barang rongsokan agar nilainya semakin merosot dan mudah dijual dengan harga murah sehingga bisa membuat program baru untuk dibelanjakan kembali.


Baca Juga | Kapolri Ganti 8 Kapolda dan Naikkan Pangkat 10 Pati jadi Bintang Dua

“Yang anehnya, ada uang sewa tetapi kenapa alat ini tidak dipelihara dengan baik. Diduga jangan - jangan uang sewa itu tidak jelas peruntukannya atau ada kolaborasi antara para pihak", ungkapnya.

Lanjutnya, kalau buldoser ini dikelola dengan baik bisa menambah Pendapatan Asli Daerah.

"Harapan kita kepada Pimpinan Daerah, DPRD dan Lembaga/Instansi terkait lainnya, kiranya buldoser ini tidak dibiarkan terlantar menjadi barang rongsokan dipantau dan diawasi, itu uang Negara, pungkasnya.


Pada pantauan awak media di lapangan satu unit excavator milik Pemda terlantar dengan kondisi memprihatikan tepatnya wilayah Desa Hilimbowo Kecamatan Lolofitu Moi. Warga prihatin dan berharap dapat dipelihara kembali aset tersebut.

Ditempat berbeda, saat diminta konfirmasi kepada Kepala Dinas PUPR Nias Barat Hiburan Halawa, terkait penanganan kerusakan beberapa alat berat yang dikelola oleh Dinas yang dipimpinnya mengatakan pihaknya sedang melakukan upaya perbaikan.

“Sebagai upaya kita dalam menangani kerusakan excavator dan buldoser tersebut. Saat ini pihak kita sedang berusaha melakukan upaya - upaya mencari sumber dana perbaikannya namun karena refocusing pandemic Covid-19, anggaran biaya pemeliharaan alat telah dipangkas”, ungkapnya.

Hiburan menjelaskan sebagai bahan untuk dipahami bersama bahwa dana pemeliharaan aset itu tidak tersedia.

“Untuk pembelian satu buah saja ban alat berat yang rusak itu di depan kantor PUPR, tidak ada dana, begitulah keadaanya”, pungkasnya.

Diakuinya, dalam pengelolaan aset bergerak di Dinas PUPR Kab. Nias Barat kurang tertata.

"Kita akui pengelolaan aset selama ini kurang maksimal, kedepan perlu pembenahan", ujarnya.

Ia berharap, untuk alat berat ada penambahan anggaran pemeliharaan karena selama ini sangat kekurangan.

Hingga berita ini diturunkan, belum berhasil melakukan konfirmasi kepada pihak terkait lainnya atas aset daerah tersebut.

Reporter : Yeremia Hia
.