Polres Sibolga Paparkan Capaian 2023 - Metroxpose News and Campaign

Headline

WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Sunday, December 31, 2023

Polres Sibolga Paparkan Capaian 2023


Metroxpose.com, Sibolga | Sepanjang tahun 2023 Kepolisian Resor (Polres) Kota telah menangani kasus laporan Polisi sebanyak 410 kasus, sementara jumlah kasus yang dapat diselesaikan sebanyak 335 kasus dengan total 161 orang.

"Untuk Tindak pidana Narkotika di tahun 2023 mengalami penurunan, jumlah penangkapan tersangka sebanyak 68 orang diantaranya 56 orang pengedar/kurir dan 12 orang kategori pemakai, dengan total barang bukti yang diamankan yaitu narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 57,33 gram, ganja 10.423,58 gram, Pil Ecstasi sebanyak 1,76 gram," kata Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja saat Konferensi pers di Aula Wira Pratama, Minggu (31/12/2023).

Pada pemaparannya, kasus-kasus yang telah ditangani Polres Sibolga sepanjang tahun 2023 dari beberapa kategori kejahatan ada yang tetap, meningkat, dan juga menurun.

"Kita melihat atau flashback kembali melihat kejadian gangguan keamanan dan ketertiban di Wilayah hukum Polres Sibolga. Sesuai dengan hasil pelaksanaan tugas kami di bidang penegakan hukum," sebutnya.

Dikatakannya, sedangkan kejahatan yang paling dominan tahun 2023 adalah kasus penganiayaan biasa sebanyak 47 Kasus, kekerasan seksual sebanyak 6 kasus, KDRT sebanyak 5 kasus, curas sebanyak 4 kasus, pencabulan sebanyak 4 kasus, pembunuhan sebanyak 1 kasus.

Untuk kejahatan pencurian merupakan street crime yang paling menonjol (pencurian kekerasan pencurian dengan pemberatan dan pencurian kendaraan bermotor/3C dengan 51 kasus) menurun 6,21 persen dalam satu tahun terakhir, serta menyelesaikan Perkara dengan presentase 125 persen.

Dijelaskannya, strategi Polres Sibolga dalam melakukan penurunan kejahatan di Kota Sibolga, pihaknya melakukan Optimalisasi sistem teknologi pengendalian operasional, Pelaksanaan patroli presisi di wilayah Kota Sibolga, Pembentukan unit reaksi cepat untuk melaksanakan patroli di 4 Kecamatan Kota Sibolga, serta Patroli Perintis Samapta untu Memberikan pelayanan keamanan dan emergency.

"Jelang pemilu strategi kita, melakukan sebanyak 4.911 kegiatan sosialisasi dan edukasi, Melakukan kunjungan sebanyak 2.299 kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, Melakukan Jumat Curhat sebanyak 381 kegiatan, Melakukan sebanyak 2.364 penggalangan kepada masyarakat, Melakukan sebanyak 365 minggu kasih, Melakukan sebanyak 264 Safari subuh, dan 14 kali kegiatan pojok pemilu," katanya.

Lanjutnya, Outlook Polres Sibolga selama tahun 2024 Peningkatan ekonomi Kota Sibolga dengan meningkatkan keamanan objek vital pusat perbelanjaan dan objek wisata, Peningkatan pelayanan publik dengan melakukan perbaikan ruang spkt menjadi efisien modern dan nyaman, melakukan sistem pelayanan yang baik quick respon, melibatkan nakes dalam respon aduan dan lain-lain, serta melakukan peningkatan pelayanan berbasis digital.

Melakukan pembuatan Data Center Polres yang terintegrasi, Melakukan pemberantasan bersih narkoba, Laks giat pemberantasan secara terus-menerus, Program masyarakat rehabilitasi sukarela kepada masyarakat, serta Melakukan penegakan hukum dengan menurunkan angka kejahatan dengan tindak tegas pelaku kejahatan serta mempermudah komunikasi antara pelapor dan penyidik dengan membuat grup WA.

"Refleksi akhir tahun ini sebagai sarana kami untuk menyampaikan kepada publik terkait kinerja yang telah kami laksanakan selama kurun waktu 2023 namun tidak kita pungkiri secara umum masih bisa kita rasakan kondusifitas Kota Sibolga dengan masih bisa kita beraktivitas, beribadah, bekerja, bersekolah dan melaksanakan segala kegiatan kita dengan rasa aman," ujarnya.

Selain itu, Kapolres Sibolga juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat kota Sibolga TNI pemerintah daerah dan stakeholder Kota Sibolga yang telah bekerjasama dalam memberikan dukungan guna mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di kota Sibolga.

"Kepada seluruh personil Polres Sibolga atas dedikasi dan keikhlasan dalam menjalankan tugas untuk mewujudkan Kota Sibolga yang kondusif semoga tugas pengabdian yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja menyampaikan Terima kasih atas kerjasama dan kolaborasi yang terjalin dengan sangat baik selama kurang lebih 2 tahun 7 bulan yang menjabat sebagai Kapolres Kota Sibolga memohon maaf selama menjabat masih banyak kekurangan dan melakukan banyak kesalahan baik melalui ucapan dan perbuatan yang sengaja maupun yang tidak sengaja mengingat dirinya telah diberikan tugas baru di Polda Sumut.

Sementara kasus yang menjadi perhatian publik sepanjang tahun 2023 yang ditangani oleh Polres Sibolga yakni Pengungkapan Hendra Saputra Tanjung seorang ASN, Pengungkapan tersangka Rambo Fernando Raja Gukguk 38 seorang ASN dengan Pengungkapan kasus barang bukti narkotika jenis ganja 10.000 gram.




Reporter : Man/MX