Terkait Penyakit PMK Sapi, Kapoldasu Sidak Peternakan di Besitang - Metroxpose

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Tuesday, May 24, 2022

Terkait Penyakit PMK Sapi, Kapoldasu Sidak Peternakan di Besitang


MetroXposecom, Langkat - Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, melakukan inspeksi mendadak (sidak) dengan mendatangi peternakan di Desa Bukit Kubu, Besitang, Kabupaten Langkat, Selasa (24/5).

Sidak yang dilakukan Kapolda Sumut menindaklanjuti instruksi Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dalam pencegahan penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak terutama sapi.

Dalam inspeksi mendadak itu turut hadir Plt Bupati Langkat Syah Afandin, Kasdam I/BB, Dinas Ketahanan Pangan Pemprov Sumut Wahyudi, Dinas Peternakan Kabupaten Langkat serta stakeholder lainnya.

Pantauan di lapangan, setibanya di lokasi Kapolda Sumut beserta rombongan langsung mengecek kondisi sapi milik masyarakat untuk memastikan hewan ternak itu dalam kondisi sehat.

"Sudah dicek kondisi sapinya ini. Kalo emang positif terkena PMK secepatnya dilakukan karantina agar tidak menularkan dengan sapi-sapi lainnya yang masih sehat," ucap Panca kepada Dinas Peternakan Langkat serta pemilik hewan ternak.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sumut juga sempat berdialog dengan pemilik sapi ternak untuk memastikan hewan ternaknya tetap dalam kondisi sehat dijual kepada masyarakat.

Berdasarkan data yang diterima, ada 1.054 eko sapi yang positif tertular wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Terdiri dari Kecamatan Besitang 309 ekor, Kecamatan Pematang Jaya 466 ekor dan Kecamatan Pangkalan Susu 279 ekor.

"diharapkan dengan gerak cepat antisipasi ini penularan PMK terhadap hewan ternak segera dapat diatasi," sebut Panca mengakhiri.(Ld/MX)