Bangkitkan Pariwisata Sumut, KMDT Sukses Gelar Forum Grup Discuccion (FGD) dan Pameran Ulos dan UMKM Di Medan - Metroxpose

Headline

Made with PhotoEditor.com
Made with PhotoEditor.com
WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - Indonesia News Update

Saturday, February 5, 2022

Bangkitkan Pariwisata Sumut, KMDT Sukses Gelar Forum Grup Discuccion (FGD) dan Pameran Ulos dan UMKM Di Medan




MetroXpose.com. Medan - FGD (Forum Grup Discussion), yang digelar KMDT (Komite Masyarakat Danau Toba) sukses digelar pada, Sabtu (05/02/2022) di Rumah Dinas Gubernur Aula Tengku Rizal Nurdin Jalan Sudirman Medan.

Dalam FGD itu juga hadir narasumber Gubernur Sumut Edi Rahmayadi diwakili oleh, Dr Binsar Situmorang, Direktur Utama BPODT Jimmi Panjaitan /Diwakili Dedi Siregar Serta Bupati Tapanuli Utara / Koordinator KMDT Se - Kawasan Danau Toba Nikson Nababan, Bupati Samosir Vandiko Gultom, Ketua DPW KMDT Terpilih DPP KMDT Prof.Dr. Rer Nat Binari Manurung, M.Si, serta Prof Dr Sihol Situngkir, Prof Dr Maidin Gultom.

Ketua Umum KMDT, St Edison Manurung, SH, MM pada Media ini, Sabtu (05/02/2022) menuturkan, FGD tersebut dilaksana dengan tujuan untuk memberikan penjelasan dan masukan yang baik kepada masyarakat yang berada di kawasan Danau Toba, betapa pentingnya pengembangan ekonomi kreatif masyarakat untuk lebih memperkenalkan wisata Danau Toba ke mancanegara.


“KMDT sebagai garda terdepan dalam mengembangkan wisata Danau Toba, dengan mencoba membangkitkan ekonomi kreatif melalui FGD ini.Tentunya, semangat dari Kementerian Pariwasata dan Ekonomi Kreatif yang dipimpin Sandiaga Uno akan memberikan pencerahan bagai masyarakat dikawasan Danau Toba, sehingga untuk lebih kreatif lagi menciptakan kreasi - kreasi hasil dari kerajinan masyarakat. Sebab, pariwisata tak terlepas dari bangkitnya ekonomi kreatif melalui FGD ini,” ucap St Edison Manurung.

St Edison Manurung menambahkan, FGD ini yang akan dikemas apik oleh KMDT akan dengan Thema “Percepatan Destinasi Pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif” menampilkan Prof Dr Binari Manurung, Prof Sihol Situngkir, Dr Batara Simatupang, Direktur Utama BPODT Jimmi Panjaitan Atau diwakili Dedi Siregar sebagai sebagai Stering Comitee/Moderator yaitu Prof Dr Binari Manurung, Prof Sihol Situngkir, Dr Batara Simatupang, Direktur Utama BPODT Jimmi Panjaitan. Nyony Manurung Boru Hutahean, Nyonya Sihol Situngkir Boru Simarmata, Pada Forum Grup Discussion (FGD) itu juga akan diadakan Pameran Ulos dan UMKM kerja sama dengan Dekranasda Pemprovsu.

Ketua Umum KMDT itupun kembali menambahkan, pada pemeran produk khas dari masyarakat sekitar Danau Toba itu yakni tenunan ulos.

“Dalam pameran tenunan Ulos hari ini, sebagai bentuk kepedulian kami mengangkat kearifan lokal Sumatera Utara, maka perlu dikenal masyarakat luas Ulos dan UMKM agar kedepan bisa meningkatkan ekonomi pengrajin ulos dan UMKM di sumut. Dan kami ucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Gubernur Sumut atas difasilitasi nya tempat untuk gelar produk sebanyak 10 UKM, yang terdiri dari 6 binaan KMDT dan 4 dari Dekranasda Pemprovsu, kami dari KMDT dan Panitia Audensi apresiasi terhadap ibu Gubernur Sumut" ujarnya.

Lebih lanjut Edison Manurung menambahkan, FGD ini menjadi salah satu bagian penting, dimana nantinya akan dibahas berbagai hal Serta masukan guna mendorong percepatan pembangunan kawasan Danau Toba, menjadi salah satu destinasi wisata yang mendunia di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Rencananya dari hasil Forum grup discussion (FGD) ini akan Dirangkum dan disampaikan sebagai bahan masukan kepada Presiden Jokowi,” ungkap Edison Manurung, SH MM.

Adapun Susunan Pengurus Panitia acara Forum Grup Discussion Yaitu Ketua : Dra Erika Rosdiana Panjaitan, M.Si, Sekretaris : Martin MW Dandiwalu, stefanus Hulu, ST, M.Kom, Leonardus J Siadari. Bendahara : Jonny Sitanggang, SE, AK, Seksi Dana Koordinator : Pdt

Kemudian Kepala Seksi Humas : Ali Tiopan Silaban, SS, Seksi Konsumsi Mona Simatupang, Romauli Aritonang, Waty Halim, Ice Pakpahan, Jojor Simbolon, Seksi Penerima Tamu /pameran : Royana Marpaung, Ester Sitorus, Dian Pakpahan, Erniwaty Siagian, Purnama Sihite, Dessy Purba,

Arfan Padang, Helena Gultom, Irene Sinaga, Spd, Kesehatan : Farida Aruan Seksi Acara/SC : Prof Dr Binari Manurung, Prof Dr Sihol Situngkir, Maria Aruan Dr Batara Simatupang. Seksi Keamanan : AKP (P) Esron Nainggolan.

Acara berjalan dengan lancar dan sukses dipandu MC yang berpengalaman yaitu MC 1 Dewi Anzelina, M.Pd dan MC 2 Ario Rizky Taringan SE dan pantauan media ini seluruh peserta menjaga jarak dan tetap ikuti protokol kesehatan.(Ali/MX)