Untuk Nias Barat Lebih Baik, Muda dan Mandiri Kenapa Tidak? - Metroxpose

Headline

WARTAWAN METROXPOSE.COM DALAM PELIPUTAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA IMBALAN DAN SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS SERTA SURAT TUGAS DAN TERTERA DI BOX REDAKSI # ANDA MEMPUNYAI BERITA LIPUTAN TERUPDATE DAN REALTIME DAPAT ANDA KIRIMKAN LEWAT WHATSAPP # ANDA TERTARIK JADI JURNALIS? KIRIMKAN LAMARAN ANDA KE # REDAKSI +6288261546681 (WA) email : metroxposeofficial@gmail.com # METROXPOSE.COM - News and Campaign

Saturday, February 8, 2020

Untuk Nias Barat Lebih Baik, Muda dan Mandiri Kenapa Tidak?


MetroXpose.com, Nias Barat -  Kabupaten Nias Barat merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di dalam wilayah Pulau Nias Propinsi Sumatera Utara dan berada di sebelah Barat Pulau Nias yang berjarak ± 60 KM dari kota Gunungsitoli.

Berdasarkan UU Nomor 46 Tahun 2008, luas wilayah Kabupaten Nias Barat adalah 544,09 Km2 yang terdiri dari 8 Kecamatan dan 110 Desa dengan ibukota terletak di Kecamatan Lahomi. 2.3. BATAS WILAYAH Kabupaten Nias Barat berbatasan dengan : Sebelah Utara dengan Kecamatan Tugala Oyo Kabupaten Nias Utara. Sebelah Selatan dengan Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan. Sebelah Timur dengan Kecamatan Botomuzoi, Kecamatan Hiliserangkai, Kecamatan Gido, dan Kecamatan Mau Kabupaten Nias. Sebelah Barat dengan Samudera Hindia.

Potensi pariwisata di Kabupaten Nias Barat sangat besar terutama karena langsung berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah barat kabupaten ini. Nias Barat memiliki andalan pariwisata kepulauan yakni kepulauan Hinako.

Jumlah penduduk di Kabupaten Nias Barat adalah 91.140 jiwa dalam 19.793 rumah-tangga yang terdiri dari 44.544 laki-laki dan 46.596 wanita (rasio 91,66), kepadatan 168 jiwa/km2. Jumlah penduduk yang telah bekerja sebanyak 39.615 jiwa dan terdapat 51.525 jiwa penduduk yang menganggur.
Lapangan Usaha yang banyak digeluti oleh penduduk Nias Barat adalah sektor Pertanian/Perkebunan (15.319 jiwa), Wiraswasta (1.382 jiwa), PNS (1.054 jiwa), Nelayan dan Perikanan (188 jiwa)
Tidak Lama Lagi Pilkada Serentak akan dilaksanakan di seluruh wilayah Nusantara, salah satunya Nias Barat. Nias barat dengan berbagai potensi yang dimilikinya menjadikan daerah ini di perebutkan oleh para bacalon Bupati yang telah mendeklarasikan dan mendaftarkan pasangan calonnya ke partai politik , Pertanyaannya Siapa yang bakal menduduki Kursi Orang Nomer satu di Nias Barat nanti?
Ada 4 pasangan yang sudah mendeklarasikan secara terbuka ke publik pencalonan mereka , antaa lain : 
1. Bacalon Paslon ELMAR ( Eliyunus aruu - Mareko Zebua ) 
2. Bacalon Paslon Khenoki aruu _ Ere-Era Hia
3. Bacalon Paslon FAYO (Faduhusi Daely - Yumatuho Gulo)
4. Bacalon Pason Cakra Eli Gulo - Famoni Waruwu
Visi Dan Misi dari masing- masing Bacalon Paslon sudah di sampaikan ke Parpol yang mereka anggap bisa menjadi kendaaran politik dalam perhelatan Pilkada serentak nanti tentunya.
Hak pilih dan Suara berada ditangan rakyat, Nias Barat masih perlu berbenah menuju Indonesia Maju, masyarakat sudah pandai menentukan pilihannya, Bicara Money Politik sudah tidak saatnya lagi , Pemimpin yang dikehendaki oleh rakyat adalah bekerja untuk rakyat dan mampu membawa perubahan yang signifikan dari sektor pertanian dan peternakan, bahkan pariwisata yang sedang getol di promosikan oleh pemerintah, tak khayal memang dibutuhkan seorang yang kuat dan mampu memberikan energi baru bagi masyarakat Nias Barat. 
Berkaca dari seorang Menteri Pendidikan yang dipilih oleh Presiden Jokowi Tahun lalu, Nadiem Makarim Usia 35 masih muda dan energik, dianggap bisa membawa perubahan positif didunia pendidikan Nasional Indonesia. Bos Salah Satu Transportasi Online di Indonesia ini menerima tawaran menjadi orang nomer satu di Kementrian Pendidikan Indonesia dimana zona aman Nadiem Sebagai Big Bos yang memiliki aset triliyunan sampai saat ini, mengabdi untuk negeri. Keseriusannya sampai saat ini tidak diragukan untuk memajukan dunia pendidikan yang mandiri dan tangguh menghadapi era digital sebagai tantangan semua masyarakat Indonesia.
Nias Barat Lebih Baik dan Mandiri sudah saat nya yang muda yang bekerja demi kemajuan bersama , tidak ada lagi kesenjangan sosial dan kemisikinan , pemerataan pembangunan yang berkesinambungan, Kesehatan dan pendidikan prioritas utama. Tak sekedar isapan jempol semata karena yang muda bisa berbuat sesuai kata. Leadership yang berjiwa enterpreneur dan memiliki kapabilitas mumpuni yang akan membawa Nias Barat dapat diperhitungkan sebagai daerah yang Maju dan sejahtera ditengah ketidakpastian ekonomi global Dunia saat ini.
Bagai Kata Pepatah " Sekapur Sirih Merah Pinangnya, Kayulah Biduk Kepulau Hinako, Nias Barat Saatnya berubah lebih baik , Yang Muda saatnya Nyata Kerjanya" - 
Penulis : Redaksi MetroXpose.com
Editor : Sandrego